Iker Casillas Resmi Pensiun dari Sepak Bola

Kompas.com - 04/08/2020, 19:47 WIB
Mantan penjaga gawang Real Madrid Iker Casillas berpose dengan trofi-trofi yang dia menangkan bersama Madrid, setelah jumpa pers Santiago Bernabeu, Senin (13/7/2015). Casillas memutuskan bergabung dengan FC Porto setelah 25 tahun berseragam Madrid. AFP/JAVIER SORIANOMantan penjaga gawang Real Madrid Iker Casillas berpose dengan trofi-trofi yang dia menangkan bersama Madrid, setelah jumpa pers Santiago Bernabeu, Senin (13/7/2015). Casillas memutuskan bergabung dengan FC Porto setelah 25 tahun berseragam Madrid.

KOMPAS.com - Mantan kiper Real Madrid dan timnas Spanyol, Iker Casillas, resmi menyatakan pensiun dari dunia sepak bola.

Casillas mengumumkan pensiun dari lapangan hijau melalui pernyataan yang ia sampaikan via akun Twitter pribadinya pada Selasa (4/8/2020).

Dalam cuitannya, Casillas mengatakan bahwa sepak bola telah menjadi tujuan dan impiannya.

"Hal paling penting adalah jalan yang Anda ambil dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tempat yang Anda tuju," tulis Casillas.

"Dengan kombinasi kerja dan usaha, tujuan itu akan datang dengan sendirinya, dan saya bisa mengatakan tanpa ragu, bahwa itu telah menjadi impian dan tujuan."

Baca juga: Isi Posisi Bekas Zidane, Iker Casillas Kembali ke Real Madrid

Casillas yang lahir di Madrid pada 20 Mei 1981 merupakan produk asli akademi Real Madrid yang dikenal dengan sebutan La Fabricia.

Ia melakoni debut bersama tim senior Real Madrid pada usia 18 tahun 177 hari saat diturunkan pada pertandingan Liga Champions menghadapi Olympiakos, 15 September 1999.

Tiga hari kemudian, Casillas mencatatkan laga pertamanya di ajang La Liga Spanyol saat Real Madrid melakoni laga tandang ke markas Athletic Bilbao.

Casillas menghabiskan 16 tahun membela Real Madrid dan sukses meraih beragam gelar bergengsi.

Sejumlah gelar prestisus yang pernah diraih Casillas semasa berseragam Real Madrid di antaranya adalah lima trofi La Liga, dua Copa del Rey, empat Supercopa de Espana, dan tiga Liga Champions.

Baca juga: Iker Casillas Mundur dari Pencalonan Presiden PSSI-nya Spanyol

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X