Di Tengah Pandemi Covid-19, Sosialisasi Olahraga Teqball Terus Berjalan

Kompas.com - 31/07/2020, 02:30 WIB
Olahraga teqball mengombinasikan antara sepak bola dan tenis meja. Dok. Teqball.comOlahraga teqball mengombinasikan antara sepak bola dan tenis meja.

KOMPAS.com - Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP Ina-Teq) terus bergerak memperkenalkan olahraga teqball ini ke seluruh daerah di Tanah Air.

PP Ina-Teq yang dipimpin oleh Hellen Sarita de Lima melakukan sosialisasi teqball secara virtual, pada Rabu (29/7/2020) lalu kepada 6 Pengprov Ina-Teq, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat. dan DKI Jakarta.

Keenam Pengprov tersebut telah membentuk klub teqball yang berkolaborasi dengan klub sepak bola.

Materi yang disajikan dalam sosialisasi selama 1,5 jam ini adalah pengenalan olahraga asal Hungaria itu, beserta pembahasan soal perwasitan.

Baca juga: Cabang Olahraga Teqball Akhirnya Resmi Diakui di Indonesia

 

"Pandemi Covid 19 bukan menjadi penghalang bagi PP Ina-Teq dalam memperkenalkan olahraga teqball. Tetapi, kami sudah mulai bergerak lagi dalam pengembangannya," kata Hellen Sarita de Lima.

Pengenalan olahraga teqball di berbagai daerah dinilai sangat penting dalam rangka menjaring atlet potensial yang bakal memperkuat Indonesia pada berbagai ajang internasional.

Terlebih lagi, kata Hellen, teqball resmi dipertandingkan pada Asian Beach Games China 2021, Asia Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Thailand 2021, dan masuk dalam daftar 7 cabang olahraga tambahan yang diusulkan Komite Olimpiade Indonesia ( KOI) pada SEA Games Vietnam 2021.

"Idealnya bulan Juni lalu, Pengprov Ina-Teq sudah sudah terbentuk, namun terkendala oleh pandemi Covid-19 ini. Kami akan terus melakukan sosialisasi dan road show ke berbagai daerah sehingga sudah terbentuk di seluruh Indonesia," ujar Teddy Minahasa Putra selaku Wakil Ketua Umum sebagai Manajer Project Sport Development PP Ina-Teq.

Olahraga teqball resmi diakui di Indonesia dengan dibentuknya Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP InaTeq) di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (8/3/2020) lalu.Dok. PP InaTeq Olahraga teqball resmi diakui di Indonesia dengan dibentuknya Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP InaTeq) di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (8/3/2020) lalu.

Setelah sosialisasi teqball dilaksanakan, Pengprov Ina-Teq akan merekrut atlet melalui kompetisi mandiri.

Sembari menunggu jadwal turnamen tingkat nasional, PP Ina-Teq akan menggelar program kepelatihan atau pelatihan online bagi atlet potensial jika pandemi belum berakhir.

Baca juga: Tanggapan Manajemen Persib soal Pemain yang Main di Ajang Tak Resmi

"Mereka yang potensial akan diseleksi untuk dibina dalam pelatnas persiapan menuju AIMAG dan Asian Beach Games China 2020," ujar Teddy.

Sementara itu, terkait wasit teqball, Indonesia sudah memiliki kurang lebih 16 wasit yang lulus dan memiliki sertifikat internasional tipe C.

Wasit untuk cabang olahraga teqball ada levelnya terdiri dari level nasional, level C, level B, level A, dan Pro yang bertugas pada ajang internasional.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X