Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Juara Liga Italia, Gelar ke Berapa bagi Si Nyonya Tua?

Kompas.com - 27/07/2020, 07:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Juventus memastikan diri sebagai juara Liga Italia musim ini seusai meraih kemenangan atas Sampdoria pada laga pekan ke-36.

Duel Juventus vs Sampdoria pada giornata ke-36 Serie A atau kompetisi kasta teratas Liga Italia yang dilangsungkan di Stadion Allianz, Senin (27/7/2020), berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Dua gol kemenangan Juventus masing-masing dicetak oleh Cristiano Ronaldo (45'+7) dan Federico Bernardeschi (67').

Kemenangan atas Sampdoria membuat tim berjulukan Si Nyonya Tua itu mengunci gelar scudetto Serie A 2019-2020.

Baca juga: Juventus Vs Sampdoria, Bianconeri Juara Liga Italia!

Tambahan tiga angka seusai mengalahkan Sampdoria membuat Juventus kini mengoleksi 83 poin, unggul tujuh angka atas Inter Milan yang berada di peringkat kedua klasemen Liga Italia.

Dengan dua pertandingan tersisa, koleksi poin Si Nyonya Tua sudah tidak bisa dikejar Inter Milan yang menjadi pesaing terdekat mereka.

Scudetto musim ini semakin menegaskan dominasi Juventus di Liga Italia.

Ya, Si Nyonya Tua telah menguasai Serie A selama sembilan musim beruntun. Ini merupakan rekor juara beruntun terpanjang di lima liga top Eropa.

Selain itu, scudetto Serie A 2019-2020 juga kian menambah koleksi gelar juara Liga Italia milik Juventus.

Scudetto musim ini merupakan yang ke-36 bagi klub yang berdiri pada 1897 tersebut.

Koleksi 36 gelar juara juga membuat Juventus mematenkan nama mereka sebagai raja kompetisi kasta teratas Negeri Pizza, mengungguli AC Milan dan Inter Milan yang sama-sama mengoleksi 18 gelar.

Baca juga: Hasil Lengkap Liga Italia - Juventus Juara, Lazio Pesta Gol

Namun, pendukung Juventus meyakini bahwa ini merupakan gelar juara Liga Italia ke-38 bagi tim kesayangan mereka.

Dua gelar tambahan yang dimaksud merupakan scudetto yang diraih Si Nyonya Tua pada musim 2004-2005 dan 2005-2006. Akan tetapi, dua titel itu dicabut Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) akibat skandal calciopoli yang melibatkan Juventus.

Bek senior Juventus, Leonardo Bonucci, menyebut scudetto musim ini merupakan gelar terindah di tengah situasi sulit yang menimpa sepak bola Italia akibat wabah virus corona.

Selain itu, mereka juga harus mengalami masa transisi di bawah kepelatihan Maurizio Sarri.

"Ini adalah gelar juara terindah, karena menjadi yang paling sulit kami raih," kata Bonucci dikutip dari Football Italia.

"Kami memulai memulai dengan era serta filosofi baru. Itu membuat kami sempat mengalami kesulitan. Namun kami terus berusaha dan memberikan segalanya," ucapnya menambahkan.

"Situasi di luar lapangan juga sangat rumit, di mana dunia berubah dalam tiga bulan. Kami berusaha terus menjaga fokus karena kami memang ingin memenangi gelar ini," kata Bonucci menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com