Kata Jose Mourinho Usai Man City Lolos dari Hukuman UEFA

Kompas.com - 15/07/2020, 11:40 WIB
Jose Mourinho seusai laga kontra Bayern Munchen di babak penyisihan Liga Champions 2019-2020 Jose Mourinho seusai laga kontra Bayern Munchen di babak penyisihan Liga Champions 2019-2020

KOMPAS.com -  Jose Mourinho ikut buka suara begitu mengetahui Manchester City lolos dari hukuman UEFA atas pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP).

Manajer Tottenham Hotspur itu kecewa dengan regulasi FFP yang bisa berubah alias tidak konsisten usai banding Man City dikabulkan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Saya suka konsistensi, kejelasan. Saya tidak suka keraguan," kata Mourinho, seperti dilansir dari BBC, Rabu (15/7/2020).

Mourinho menegaskan bahwa pendapatnya terhadap FFP tidak berubah. Sama dengan pandangannya kepada teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Baca juga: Mourinho, Klopp, hingga Presiden La Liga Kesal Usai Man City Lolos dari Hukuman

Menurutnya, FFP dan VAR adalah aturan yang baik, tetapi tidak demikian dalam penerapannya.

"Ini (FFP) seperti VAR, pendapat saya tidak berubah dan saya suka konsep dua regulasi itu," ucap manajer asal Portugal itu.

"Saya memang pernah mengatakan bahwa FFP harus dihapus, tetapi bukan karena tidak setuju, melainkan saya tidak suka dengan 'sirkus' yang mereka jalankan," ucapnya.

"Jadi, saya pikir biarlah pemain bebas keluar masuk dengan harga tinggi dan penonton menikmatinya," kata Mourinho.

Baca juga: Fakta Menarik Jelang Laga Man City Vs Bournemouth

Namun, dalam kesempatan yang sama, Mourinho berpendapat bahwa tanpa FFP, pemilik klub bisa bebas menggunakan dana pribadi tanpa batas dan itu tidak sehat untuk persaingan.

Seperti yang diketahui, Manchester City dijatuhi hukuman oleh UEFA pada Februari lalu karena melanggar FFP.

Hukuman itu berdasar pada investigasi yang dilakukan Football Leaks pada November 2018.

UEFA memutuskan Man City bersalah dan dilarang tampil di ajang kompetisi Eropa selam dua musim ke depan dan denda 30 juta euro (sekitar Rp 493 miliar).

Baca juga: Lolos dari Jeratan CAS, Man City Ngegas di Bursa dan Incar 4 Nama

Namun, Man City tak tinggal diam. Mereka mengajukan banding ke CAS dan dikabulkan pada Senin (13/7/2020).

Larangan UEFA untuk Man City pun ditangguhkan dan denda dikurangi menjadi 10 juta euro (sekitar Rp 164,7 miliar) saja.


Sumber BBC
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X