Barcelona Harus Berkaca, Masalah Mereka Bukan VAR tapi Kualitas

Kompas.com - 10/07/2020, 11:00 WIB
Pemain Barcelona merayakan gol Luis Suarez pada lanjutan pertandingan pekan ke-35 Liga Spanyol, Barcelona vs Espanyol yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. LLUIS GENEPemain Barcelona merayakan gol Luis Suarez pada lanjutan pertandingan pekan ke-35 Liga Spanyol, Barcelona vs Espanyol yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Peluang Barcelona meraih gelar Liga Spanyol musim 2019-2020 cukup kecil. Tim berjuluk Blaugrana masih kalah dengan Real Madrid soal raihan poin.

Barcelona berada di peringkat kedua dengan 76 poin, sementara Real Madrid memimpinn klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 77 poin.

Real Madrid juga berpeluang menjauh karena belum berlaga di Liga Spanyol pekan ke-35. Mereka akan bertemu dengan Alaves.

Namun, Barcelona tak tinggal diam. Setiap kritikan datang, Blaugrana berdalih kalah karena Real Madrid "dibantu" VAR.

Baca juga: Gara-gara Real Madrid, Kylian Mbappe Tunda Perpanjangan Kontrak di PSG

Gerard Pique dan presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, kerap melontarkan sindiran VAR membantu Madrid.

Akan tetapi, eks Blaugrana, Rivaldo, meminta kepada skuad maupun pihak Barcelona introspeksi.

Rivaldo menyarankan agar pihak Barca membenahi internal mereka sendiri daripada menyalahkan pihak lain.

Menurut pria yang juga menyandang status legenda Barca itu, satu hal yang perlu dibenahi adalah kualitas permainan Lionel Messi cs di bawah besutan pelatih Quique Setien.

Baca juga: Semua Pemain Barcelona Sayang Quique Setien

"Kadang-kadang Anda memiliki hak untuk merasa kesal kepada wasit atau keputusan VAR," kata Rivaldo dikutip Marca.

"Tetapi saya tidak setuju dengan klaim Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu bahwa ada bias terhadap Real Madrid," jelas dia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X