Tyson Fury Diwajibkan Ladeni Tantangan Dillian Whyte pada 2021

Kompas.com - 26/06/2020, 02:00 WIB
Dillian Whyte (kiri) menang angka atas Joseph Parker, Sabtu (28/07/2018). DailymailDillian Whyte (kiri) menang angka atas Joseph Parker, Sabtu (28/07/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - World Boxing Council (WBC) memerintahkan Tyson Fury meladeni tantangan dari pemegang sabuk interim, Dillian Whyte, pada 2021 mendatang.

Perintah ini dikeluarkan kepada petinju asal Inggris itu sebelum melakoni mega duel unifikasi gelar di divisi kelas berat melawan Anthony Joshua, juara kelas berat versi WBA, WBO, IBF, dan IBO.

Tyson Fury mengklaim telah sepakat dengan Anthony Joshua menggelar dua pertandingan untuk memperebutkan status juara dunia tak terbantahkan.

Namun, Tyson Fury harus melewati pertarungan ketiga melawan Deontay Wilder yang juga bisa mengancam mengambil kembali sabuk juara kelas berat WBC miliknya.

Selain Wilder, ancaman datang dari Dillian Whyte yang sudah getol menginginkan sabuk gelar juara kelas berat WBC.

Whyte bahkan sudah melancarkan langkah legal kepada WBC meminta kepada Fury untuk menghormatinya sebagai juara interim kelas berat saat ini.

Petinju berjuluk The Body Snatcher tersebut hampir melewati 1000 hari sebagai penantang nomor satu dari kelas berat, tapi belum pernah mendapatkan kesempatan mendapatkan sabuk gelar juara sesungguhnya.

Baca juga: Dillian Whyte Yakin Jadi Atlet Bela Diri Terbaik jika Kalahkan Francis Ngannou

Presiden WBC, Mauricio Sulaiman, kemudian memastikan bahwa Fury dan Whyte bisa bertemu sekitar Februari 2021 mendatang.

"Untuk WBC ada kewajiban untuk menggelar laga mempertahankan gelar," kata Sulaiman kepada Boxing Insider Radio dilansir Bolasport.com dari The Sun.

"Penantang wajib adalah juara interim, Dillian Whyte. Dia punya hak mengambil kesempatan untuk laga gelar juara setelah pertarungan ketiga Wilder vs Fury," sambungnya.

Pernyataan Sulaiman bisa membuat bentrok jadwal pertemuan Fury dengan Joshua karena diadakan pada tahun yang sama.

Tetapi, Sulaiman tidak yakin dengan pertemuan Fury vs Joshua, dan menyebut hanya baru spekulasi belaka.

"Fury vs Joshua baru spekulasi. Mereka berdua keluar dengan mengatakan telah mendapatkan kesepakatan. Namun, banyak hal yang harus dikerjakan sebelum semua itu terjadi," tutupnya. (Muhamad Husein)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X