Kompas.com - 19/06/2020, 15:45 WIB
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. AFP/GLYN KIRKPelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

KOMPAS.com - Pernah "sekolah" di Barcelona tak membuat Jose Mourinho mengikuti arus klub berjulukan Blaugrana itu.

Sebelum menjadi pelatih top dunia, Mourinho sempat menjadi asisten pelatih Bobby Robson dan Louis van Gaal di Barcelona.

Selama empat musim (1996-2000) menjadi asisten Robson dan van Gaal, Mourinho akrab dengan sepak bola menyerang nan indah ala Catalan.

Juru taktik asal Portugal itu pun mengaku, ia belajar banyak sewaktu di Barcelona.

"Saya bekerja dengan dua pelatih dunia dan bisa bahu-membahu dengan beberapa pemain terbaik generasi itu," ucap Mourinho, dilansir dari Sport.es (16/6/2020).

Baca juga: Cerita Mourinho dan Ronaldo Bertengkar Hingga CR7 Nyaris Menangis

"Barcelona adalah sebuah klub dengan filosofi sepak bola yang luar biasa, bagaimana mereka bermain, bekerja keras dan bersaing," tutur pelatih pengoleksi dua gelar Liga Champions itu.

"Selama waktu itu saya harus membuktikan bahwa saya layak berada di sana bersama para pemain terbaik. Itu tidak pernah berhenti menjadi periode pembelajaran bagi saya," ujar Mou.

Namun, bukannya menerapkan apa yang didapat di Barcelona, Mourinho justru sebaliknya.

Pria kelahiran Setubal itu lebih suka sepak bola pragmatis, jauh dari kata indah, saat ia menangani sebuah tim.

Tim-tim yang ia latih, Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, hingga Tottenham seperti sekarang, terkenal dengan sepak bola yang pragmatis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X