Legenda Barcelona: Messi Selalu Jadi Kambing Hitam Kegagalan Timnas Argentina

Kompas.com - 14/06/2020, 19:00 WIB
Reaksi Pemain Argentina Lionel Messi seusai Argentina dikalahkan oleh Kroasia dalam babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dinihari WIB. Kekalahan dengan skor 3-0 ini membuat Argentina di ujung tanduk. AFP PHOTO/JOHANNES EISELEReaksi Pemain Argentina Lionel Messi seusai Argentina dikalahkan oleh Kroasia dalam babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dinihari WIB. Kekalahan dengan skor 3-0 ini membuat Argentina di ujung tanduk.

KOMPAS.com - Legenda Barcelona, Hristo Stoichkov, turut mengomentari kegagalan demi kegagalan Lionel Messi bersama tim nasional (timnas) Argentina.

Meski bergelimang trofi di Barcelona, Messi memang belum bisa membawa timnas Argentina meraih gelar juara di turnamen mayor.

Bersama Argentina, Messi pernah merasakan empat laga final turnamen bergengsi yaitu tiga di Copa America dan satu di Piala Dunia.

Namun, dari empat kesempatan itu, pemain berjuluk La Pulga alias Si Kutu tersebut selalu mengalami kekalahan.

Baca juga: Messi Sering Dikritik di Timnas Argentina, Aguero Pasang Badan

Prestasi tertinggi Messi bersama Argentina hingga kini baru sebatas di level junior, ketika menjuarai Piala Dunia U-20 2005 dan meraih medali emas cabang sepak bola Olimpiade Beijing 2008.

Kegagalan Messi membawa Argentina berprestasi di turnamen bergengsi membuat peraih enam trofi Ballon d'Or itu kerap dihujani kritikan pedas.

Hristo Stoichkov yang pernah membela Barcelona pada periode 1990–1995 dan 1996–1998 mencoba memberikan pembelaan terhadap Messi.

Menurut Stoichkov, tidak adil jika kegagalan Argentina hanya dibebankan kepada Messi seorang.

Legenda sepak bola asal Bulgaria itu mengatakan, Messi hanya menjadi kambing hitam di balik kegagalan timnas Negeri Tango meraih prestasi dalam kurun waktu lebih dari dua dekade terakhir.

Baca juga: Bagi Lionel Messi, Kebangkitan Sepak Bola adalah Anugerah

"Ketika kalah (bersama Argentina), Messi selalu disalahkan dan orang-orang tidak menyebut siapa pemain yang berada di sekitarnya," kata Stoichkov, seperti dikutip dari Goal, Minggu (14/6/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Goal
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X