Cerita Irfan Bachdim Diperlakukan Rasial karena Punya Darah Indonesia

Kompas.com - 13/06/2020, 20:46 WIB
Irfan Bachdim saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020. BOLASPORT.COM/ Muhammad Alif Aziz MardiansyahIrfan Bachdim saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020.
|

KOMPAS.com - Irfan Bachdim mengaku kerap dapat perlakuan rasial saat menghabiskan masa kecil di Belanda karena memiliki darah Indonesia.

Publik mungkin banyak yang mengira jika Irfan Bachdim merupakan produk naturalisasi dari Belanda.

Nyatanya, sejak berusia 18 tahun, Irfan Bachdim sudah menjadi warga Indonesia.

Meski punya hak menjadi warga negara Belanda ketika dewasa, Irfan Bachdim membuang kesempatan tersebut dan lebih memilih Indonesia sebagai identitas negara.

Baca juga: Bosan Latihan Sendiri di Rumah, Marc Klok Ajak Irfan Bachdim dan Melvin Platje

Penyerang PSS Sleman dan timnas Indonesia itu rupanya sudah membulatkan tekad untuk menjadi warga negara Indonesia sejak usia dini.

Pernyataan tersebut disampaikan lewat wawancara bersama Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah.

Berdasarkan pengakuan pada wawancara terbarunya, Irfan Bachdim punya alasan tersendiri untuk bersungguh-sungguh menjadi warga negara Indonesia.

Selain mengikuti jejak hidup sang ayah, Irfan Bachdim mendapat perlakuan rasis dari beberapa orang di Belanda karena memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca juga: Momen Pertama yang Bikin Kita Semua Mencintai Irfan Bachdim

"Di Belanda ada banyak (perlakuan) rasis juga kan," ujar Irfan di kanal Youtube Hanif & Rendy Show (13/6/2020), dilansir dari Bolanas.

"Waktu saya main di klub-klub amatir, atau di akademi Utrecht, walau saya main bagus, wah, kata-kata jelek tentang orang Asia (mengarah kepada saya)," urai Irfan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Bolanas
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X