Sang Istri Juluki Demonstran di AS sebagai "Sapi Menjijikkan", Gelandang LA Galaxy Kehilangan Pekerjaan

Kompas.com - 06/06/2020, 14:50 WIB
Aleksandar Katai saat masih memperkuat Chicago Fire pada musim MLS 2019. Katai dipecat dari klubnya terkini, Los Angeles Galaxy, setelah sang istri mengunggah foto-foto dengan caption rasis kepada para demonstran di Amerika Serikat yang menuntut penghentian brutalitas polisi dan kesetaraan rasial. AFP/JONATHAN DANIELAleksandar Katai saat masih memperkuat Chicago Fire pada musim MLS 2019. Katai dipecat dari klubnya terkini, Los Angeles Galaxy, setelah sang istri mengunggah foto-foto dengan caption rasis kepada para demonstran di Amerika Serikat yang menuntut penghentian brutalitas polisi dan kesetaraan rasial.

KOMPAS.com - Klub Major League Soccer (MLS), Los Angeles Galaxy, memecat gelandang asal Serbia, Aleksandar Katai, pada Jumat (5/6/2020), setelah istri sang pemain mengunggah cuitan rasial mengenai para demonstran di Amerika Serikat.

Padahal, Aleksandar Katai baru datang ke Los Angeles pada Desember lalu dengan status bebas transfer setelah ia menghabiskan dua musim di Chicago Fire.

LA Galaxy tak akan membayar sisa gaji Aleksandar Katai yang diperkirakan mencapai lebih dari 600.000 dollar AS per musim walau mereka akan memberikan kompensasi bagi sang pemain.

Tea Katai mengunggah beberapa foto di Instastory berbahasa Serbia yang mendorong polisi "untuk membunuh" para demonstran, mengatakan mereka "sapi menjijikkan", dan membagi meme rasial.

Baca juga: Bos Bundesliga Tak Akan Hukum Pemain yang Tunjukkan Solidaritas untuk George Floyd

Amerika Serikat dirundung gelombang demonstrasi, protes, dan kerusuhan tanpa henti menyusul pembunuhan George Floyd, pria berkulit hitam, oleh Derek Chauvin, seorang polisi berkulit putih, di Minneapolis, Amerika Serikat, pada 25 Mei 2020.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aleksandar Katai (@aleksandarkatai) on Jun 3, 2020 at 7:59pm PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aleksandar Katai telah mengutarakan bahwa ia tak setuju dengan unggahan istrinya tersebut.

"Unggahan oleh istri saya sangat tak bisa diterima. Pandangan ini tidak sama dengan saya dan tak ditoleransi di keluarga ini," tutur mantan pemain Alaves tersebut.

"Ini kesalahan dari keluarga saya dan saya mengambil tanggung jawab penuh. Saya akan memastikan bahwa keluarga saya mengambil aksi yang diperlukan untuk belajar, mengerti, mendengarkan, dan mendukung komunitas kulit hitam."

Baca juga: Asal-usul Aksi Berlutut Hormati Kematian George Floyd, Berawal dari Atlet NFL

"Saya sadar perlu waktu untuk mendapatkan kembali dukungan rakyat Los Angeles. Saya berkomitmen untuk bekerja keras dan belajar dari kesalahan ini agar ke depannya bisa menjadi sosok pendukung kesetaraan."

Namun, para fans Galaxy tak percaya dan meminta sang pemain untuk pergi dari klub.

Pada Kamis lalu, beberapa fans berkumpul di dekat patung David Beckham yang terletak di depan markas klub sembari memegang spanduk "Tak Ada Rasis di Klub" dengan angka tujuh yang dicoret, nomor punggung Katai.

Kendati baru bermain dua laga musim ini, Katai tak akan lagi memperkuat lini depan Los Angeles Galaxy.

LA Galaxy kini hanya bisa mengandalkan Javier "Chicharito" Hernandez dan Cristian Pavon di lini depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.