F1 Diam soal Kematian George Floyd, Lewis Hamilton Beri Reaksi Keras

Kompas.com - 01/06/2020, 11:20 WIB
Pebalap F1 asal tim Mercedes, Lewis Hamilton. -Pebalap F1 asal tim Mercedes, Lewis Hamilton.

KOMPAS.com - Pebalap asal Inggris, Lewis Hamilton, memberikan kritikan keras kepada pihak Formula 1 ( F1) yang hingga kini belum memberikan pernyataan resmi menanggapi kematian George Floyd.

Sebagai pebalap kulit hitam pertama yang mampu meraih gelar juara dunia F1, Hamilton merasa perlu bersuara soal kasus George Floyd.

Hamilton pun mempertanyakan sikap F1 yang hingga kini masih bungkam terkait meninggalnya George Floyd.

Apalagi, cabang olahraga lain telah menunjukkan solidaritas untuk Floyd, mulai dari sepak bola hingga kompetisi basket Amerika Serikat, NBA.

Baca juga: Sancho Dedikasikan Gol untuk George Floyd, Ini Reaksi Pelatih Dortmund

"Saya melihat mereka (F1) hanya diam soal kasus ini. Beberapa dari mereka adalah bintang besar, tetapi diam di tengah ketidakadilan," kata Hamilton dalam unggahan di Instagram-nya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (1/6/2020).

Pebalap tim Mercedes itu juga menyayangkan kurangnya solidaritas di lingkungan F1 yang didominasi oleh orang-orang berkulit putih.

"Tidak ada tanda-tanda (solidaritas) dari industri yang saya jalani, di mana orang berkulit putih mendominasi olahraga ini," ujar Hamilton.

"Saya adalah satu-satunya orang (kulit hitam) yang berdiri sendiri di sini," tegas pebalap berusia 35 tahun tersebut.

Baca juga: Cara UFC Beri Penghormatan untuk George Floyd

Lebih lanjut, Hamilton berharap kerusuhan yang meletus di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat segera berakhir.

"Saya tidak membela mereka yang melakukan aksi penjarahan dan pembakaran gedung-gedung di sana. Saya berharap mereka bisa melakukan protes secara damai," tutur Hamilton.

Halaman:

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X