Mengapa Harus Ada Turnamen Pengganti Jika Liga 1 Dihentikan?

Kompas.com - 29/05/2020, 17:40 WIB
Pemain perwakilan pesepak bola dari klub liga 1 shopee saat foto bersama dalam acara press conference dan launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020). Kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2020 akan diikuti 18 klub di Indonesia yang berlangsung dari 29 Februari hingga 1 November 2020, dan akan dibuka dengan laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain perwakilan pesepak bola dari klub liga 1 shopee saat foto bersama dalam acara press conference dan launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020). Kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2020 akan diikuti 18 klub di Indonesia yang berlangsung dari 29 Februari hingga 1 November 2020, dan akan dibuka dengan laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2/2020).

KOMPAS.com - Hanya ada enam klub peserta Shopee Liga 1 2020 yang mengusulkan kompetisi tetap dilanjutkan.

11 lainnya memilih kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia tersebut berhenti. Sementara satu sisanya, Persipura Jayapura, abstain.

Beberapa klub yang memilih Shopee Liga 1 2020 berhenti turut mengusulkan adanya turnamen pengganti atau kompetisi format baru.

Fungsi adanya turnamen bukan hanya untuk kepentingan klub saja, tetapi juga timnas Indonesia.

Baca juga: Pelatih Persib Sarankan Liga 1 Bergulir Lagi pada Agustus 2020

Tanpa adanya kompetisi, timnas Indonesia di bawah besutan pelatih Shin Tae-yong, akan kesulitan dalam menyaring pemain.

Bukan hanya kesulitan mencari anggota skuad, tetapi juga mengajari dari nol fisik pemain. Hal tersebut tentu bakal memakan banyak waktu.

Sementara jika ada turnamen pengganti atau Liga 1 berlanjut, Shin Tae-yong lebih mudah mencari sosok yang pas berseragam Garuda di dada.

Selain itu, fisik pemain tetap terjaga mengingat memiliki jam terbang berkat adanya kompetisi.

Baca juga: Timnas Thailand Siap Panggil Titisan Miroslav Klose

Hal tersebut menjadi alasan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, dan General Manajer Arema FC, Ruddy Widodo, akan pentingnya Liga 1 berlanjut atau turnamen pengganti.

"Jika liganya berhenti, kita pelatih, pemain dan manajemen, kita berharap untuk mengulang liganya di waktu dekan mungkin di bulan Agustus," kata Robert dikutip akun YouTube pribadinya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X