Liga Vietnam Lebih Buruk daripada Indonesia, tapi Mengapa Timnas Mereka Lebih Berprestasi?

Kompas.com - 19/05/2020, 21:40 WIB
Para pemain Timnas Vietnam merayakan kemenangan atas Indonesia usai laga final sepak bola SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam. Vietnam berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games setelah menundukkan Indonesia dengan skor 3-0. AFP/WAKIL KOHSARPara pemain Timnas Vietnam merayakan kemenangan atas Indonesia usai laga final sepak bola SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam. Vietnam berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games setelah menundukkan Indonesia dengan skor 3-0.

KOMPAS.com - Dalam satu dekade belakangan, prestasi timnas Vietnam lebih mentereng ketimbang timnas Indonesia.

Untuk urusan kompetisi antarnegara se-Asia Tenggara, Vietnam sudah mengoleksi satu gelar Piala AFF yakni pada 2018. Sementara Indonesia nirgelar.

Vietnam juga menjadi negara tercepat di ASEAN dalam hal kenaikan ranking FIFA.

Melansir dari BolaSport, Vietnam masih menempati peringkat ke-137 pada Desember 2010. Kini, mereka sudah menduduki posisi ke-94.

Vietnam pun menjadi satu-satunya negara ASEAN yang berhasil menempati 100 besar ranking FIFA untuk saat ini.

Baca juga: Saran Bek Timnas Indonesia untuk Pemain yang Ingin Berkarier di Eropa

Terbaru, timnas Vietnam sukses mempermalukan timnas Indonesia pada final SEA Games 2019.

Mantan pelatih timnas senior Indonesia, Simon McMenemy, mengungkapkan bagaimana timnas Vietnam bisa lebih berprestasi ketimbang timnas Indonesia dalam satu dekade belakangan.

Meskipun, McMenemy mengatakan, kualitas Liga Vietnam tidak lebih baik daripada Liga Indonesia.

Hal itu ia ungkapkan dalam wawancaranya bersama media Vietnam, Zing News.

"Saya terkesan dengan peningkatan sepak bola Vietnam di kancah internasional, sementara kualitas liga domestik mereka tidak bagus," ucap McMenemy.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X