Kompas.com - 15/05/2020, 17:40 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) merilis jadwal ulang untuk babak kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo tahun depan.

Olimpiade Tokyo seharusnya berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus 2020 mendatang.

Namun, pandemi Covid-19 atau virus corona menyebabkan turnamen multi-event sejagat itu mundur ke 23 Juli-8 Agustus 2021.

Mundurnya jadwal Olimpiade membuat FIBA memutuskan memundurkan jadwal kualifikasi untuk cabang olahraga basket.

Dikutip BolaSport.com dari ESPN, empat pertandingan kualifikasi tersisa akan berlangsung pada 29 Juni hingga 4 Juli 2021.

Itu artinya kualifikasi akan berakhir 19 hari sebelum Olimpiade dimulai.

Baca juga: Antisipasi Corona, Kemenpora Minta Perbasi Tunda Kualifikasi FIBA Asia 2021

Lokasi pertandingan babak kualifikasi Olimpiade dipastikan tidak berubah, yaitu di Kanada, Kroasia, Lithuania, dan Serbia.

Namun, jadwal tersebut terindikasi bertabrakan dengan kompetisi NBA musim 2020-2021.

Hal tersebut bisa menjadi masalah untuk para pemain klub NBA yang juga berstatus pilar untuk tim nasional masing-masing.

Apalagi, berdasarkan rekam jejak sebelumnya, kompetisi NBA tidak menerapkan jeda selama pertandingan kualifikasi Olimpiade berlangsung.

Baca juga: Plus Minus Penundaan Olimpiade Tokyo bagi Persiapan Greysia/Apriyani

Sejauh ini, sudah ada delapan negara yang lolos ke Olimpiade Tokyo, termasuk Jepang sebagai tuan rumah dan Amerika Serikat yang menjadi pemegang medali emas Olimpiade Rio 2016.

Masih ada 20 negara yang akan memperebutkan empat tiket tersisa menuju putaran final Olimpiade Tokyo. (Lariza Oky Adisty)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.