Perbedaan Pola Pikir antara Pemain Indonesia dengan Brasil soal Karier

Kompas.com - 15/05/2020, 10:40 WIB
Beto Goncalves merayakan gol Timnas U-23 Indonesia ke gawang Uni Emirat Arab pada pertandingan babak 16 besar Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, 24 Agustus 2018. TABLOID BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWOBeto Goncalves merayakan gol Timnas U-23 Indonesia ke gawang Uni Emirat Arab pada pertandingan babak 16 besar Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, 24 Agustus 2018.

KOMPAS.com - Perbedaan karakter setiap pesepak bola wajar adanya mengingat latar belakang mereka yang juga berbeda.

Karakter pemain dari pulau Jawa bisa terlihat berbeda dengan pesepak bola asal Sumatera, Maluku, atau Papua.

Akan tetapi, jika melihat dalam benang merah budaya Indonesia, masyarakat dari Sabang sampai Merauke memiliki karakter yang mirip.

Jurnalis sekaligus budayawan Indonesia, Mochtar Lubis, pernah memaparkan enam karakter Tanah Air dalam pidato kebudayaan yang dia ungkapkan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada tanggal 6 April 1977.

Baca juga: Kesempatan Timnas Indonesia Hadapi Luiz Felipe Scolari Batal Terwujud

Bagi Mochtar Lubis, orang Indonesia itu segan dan enggan bertanggung jawab, berjiwa feodal, percaya takhayul, artistik, berkarakter lemah, dan munafik.

Dari enam ciri manusia Indonesia tersebut bisa jadi dimiliki juga oleh seorang pemain sepak bola Tanah Air.

Nyatanya, ciri-ciri tersebut terasa bagi para pemain luar negeri, khususnya Brasil, yang mencicipi rasanya bermain di Shopee Liga 1.

Sebut saja dua pemain Brasil yang saat ini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Alberto Goncalves dan Otavio Dutra.

Keduanya juga berseragam timnas Indonesia dan menjadi pemain pilihan sang pelatih.

Baca juga: Jadwal Drawing Piala Asia U16, Timnas Indonesia Jadi Wakil Tunggal ASEAN

Beto, sapaan akrab Alberto, dan Dutra mengungkapkan alasan sepak bola Indonesia tidak menonjol meski pemain berbakat begitu banyak.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X