Kompas.com - 14/05/2020, 21:36 WIB
Penyerang asal Jepang, Shinji Okazaki, saat memperkuat klub kasta kedua Liga Spanyol, Malaga CF, pada sebuah ajang pramusim jelang kompetisi 2019-2020. MALAGA CFPenyerang asal Jepang, Shinji Okazaki, saat memperkuat klub kasta kedua Liga Spanyol, Malaga CF, pada sebuah ajang pramusim jelang kompetisi 2019-2020.

TOKYO, KOMPAS.com - Saat segala aktivitas olahraga tertunda oleh pandemi corona, pesepak bola Jepang Shinji Okazaki memilih olahraga e-sports.

Selain untuk mengisi waktu, penggawa klub La Liga 2 Huesca ini bisa berdonasi.

Hal yang sama dilakukan oleh para petenis dunia.

Baca juga: MPL Tambah Dua Game untuk E-sports

Tak hanya sekadar bermain, para petenis memanfaatkan jemari mereka untuk mengumpulkan uang dan berdonasi.

Petenis Britania Raya Andy Murray dan Serena Williams (Amerika Serikat) saat menjuarai US Open 2013. Mereka akan berpasangan di nomor ganda campuran pada turnamen Wimbledon Open 2019.AFP/MIKE STOBE Petenis Britania Raya Andy Murray dan Serena Williams (Amerika Serikat) saat menjuarai US Open 2013. Mereka akan berpasangan di nomor ganda campuran pada turnamen Wimbledon Open 2019.

Donasi itu, kata petenis Jepang, Kei Nishikori dimanfaatkan untuk membantu penanganan pandemi corona dan juga membantu rekan-rekan sesama petenis yang mengalami kesulitan keuangan selama pandemi berjalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bulan lalu, misalnya, Nishikori dengan kemampuan backhand-nya menumbangkan rivalnya, petenis AS Frances Taifoe di Mutua Madrid Terbuka Virtual Pro.

Baca juga: Perhelatan E-sports Pun Terdampak Corona

Game ini merupakan edisi e-sports ATP Tour Masters 1000 di lapangan tanah liat.

Ilustrasi E-SportsIstimewa Ilustrasi E-Sports

Perhelatan olahraga virtual ini berhadiah 300.000 euro atau setara dengan 35 juta yen.

Petenis Andy Murray yang juga ikut dalam e-sports ini mendonasikan hadiah uang yang didapatnya untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggis (NHS).

Rafael Nadal masuk semifinal US Open 2019 setelah menumbangkan Diego Schwartzman tiga set langsung.JOHANNES EISELE / AFP Rafael Nadal masuk semifinal US Open 2019 setelah menumbangkan Diego Schwartzman tiga set langsung.

Hadiah untuk Murray itu juga didonasikan bagi petenis yang mengalami kesulitan keuangan selama pandemi corona.

Newzoo, perusahaan asal Belanda dalam analisisnya mengenai e-sports menunjukkan bahwa pasar e-sports di seluruh dunia akan bisa meraup uang hingga 1,5 miliar dollar pada 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kyodo News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.