Kompas.com - 11/05/2020, 16:00 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada pertandingan Real Madrid vs Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, 23 Desember 2017. AFP/ANADOLU AGENCY/BURAK AKBULUTLionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada pertandingan Real Madrid vs Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, 23 Desember 2017.

KOMPAS.com - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang memunculkan debat atau diskusi mainstream soal sepak bola.

Kata Wenger, era dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan segera berakhir.

Messi dan Ronaldo, saat ini, masih bersaing demi mempertaruhkan siapa di antara mereka yang meraih predikat pemain terbaik dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Messi dan Ronaldo mendominasi dalam ajang penganugerahan gelar pemain terbaik dunia, Ballon d'Or.

Baca juga: Arsene Wenger Sebut Era Ronaldo dan Messi Akan Berakhir, Siapa Penerusnya?

Messi mengoleksi enam trofi Ballon d'Or, sedangkan Ronaldo hanya terpaut satu gelar lebih sedikit ketimbang penyerang timnas Argentina itu.

Wenger berujar, pemain seperti Kylian Mbappe tak lama lagi akan menggantikan rivalitas keduanya.

"Generasi berikutnya mungkin berasal dari Perancis. Saat ini, yang memimpin adalah Mbappe," ujar Wenger.

Namun, benarkah rivalitas Messi dan Ronaldo akan memasuki senjakala dalam waktu dekat?

Pelatih Barcelona era 2017-2020, Ernesto Valverde, sebenarnya sudah memprediksi hal ini pada 2018.

Saat itu, Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid ke Juventus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X