Ini Penyebab Cedera Parah yang Pernah Dialami Ronaldo

Kompas.com - 10/05/2020, 21:20 WIB
Ronaldo mengalami cedera pada laga AC Milan vs Chievo di Stadion San Siro, 3 Maret 2007. AFP/PACO SERINELLIRonaldo mengalami cedera pada laga AC Milan vs Chievo di Stadion San Siro, 3 Maret 2007.

KOMPAS.com - Ronaldo Luis Nazario de Lima tak diragukan lagi adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada.

Penyerang kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, tercatat pernah membela sejumlah klub top Eropa, termasuk Inter Milan dan Real Madrid.

Di level internasional, Ronaldo merupakan anggota timnas Brasil saat menjuarai Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dan 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Sepanjang kariernya yang membentang dari 1993 hingga 2011, Ronaldo juga sukses memenangi gelar Ballon d'Or dua kali, yaitu pada 1997 dan 2002.

Baca juga: Asal-usul Julukan El Fenomeno bagi Ronaldo Nazario

Namun, di balik prestasi gemilang yang ia torehkan, pemain yang dijuluki Sang Fenomena itu juga memiliki riwayat cedera yang cukup mengerikan.

Banyak yang menilai, Ronaldo akan menjadi pemain yang lebih hebat lagi andai saja cedera tak mengganggunya.

Ronaldo pernah dua kali mengalami cedera lutut parah, yaitu pada November 1999 dan April 2000.

Pada cedera pertama tahun 1999, Ronaldo mengalami cedera sobek tendon lutut kanan ketika ia membela Inter Milan menghadapi Lecce.

Cedera itu membuat Ronaldo harus menepi dari lapangan hijau selama lima bulan. Ia baru kembali bermain pada final Coppa Italia menghadapi Lazio pada 12 April 2000.

Baca juga: Christian Vieri: Ronaldo Brasil Lebih Baik daripada Ronaldo Portugal

Sialnya, Ronaldo hanya bisa bermain selama tujuh menit pada laga kontra Lazio karena cedera lututnya kambuh. Cedera lutut kedua ini memaksanya absen selama 521 hari dan baru pulih menjelang gelaran Piala Dunia 2002.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X