Plus Minus Penundaan Turnamen Bulu Tangkis 2020 Menurut PBSI

Kompas.com - 03/05/2020, 11:20 WIB
Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti berbicara dalam konferensi pers jelang Indonesia Open 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (2/7/2018).
BADMINTON INDONESIAKabid Binpres PP PBSI Susy Susanti berbicara dalam konferensi pers jelang Indonesia Open 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (2/7/2018).

KOMPAS.com - Penundaan beberapa turnamen bulu tangkis pada 2020 memilki dampak positif dan negatif terhadap atlet-atlet Indonesia.

Hal dijelaskan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pestasi PBSI, Susy Susanti.

Susy menilai, dengan penundaan turnamen, para atlet bisa lebih rileks tanpa merasa dikejar target.

Namun, di sisi lain, menjalani hari-hari tanpa bertanding membuat mereka stres dan secara mental menurun.

Baca juga: PBSI Siapkan Skuad untuk Kejuaraan Dunia Junior 2020

"Plusnya atlet jadi tidak merasa dikejar target. Saat ini mereka lebih rileks. Belajar introspeksi, istilahnya mempelajari lawan," kata Susy, seperti dilansir dari Antara News, Minggu (3/5/2020).

"Minusnya, menjadi pembelajaran buat mereka kalau tidak ada pertandingan menjadi bosan. Menyemangati lagi, mempersiapkan (mental) lagi," ujarnya menambahkan.

Dengan penundaan ini, kemungkinan banyak turnamen yang bakal digelar pada akhir tahun.

Susy merinci setidaknya ada tujuh kejuaraan utama yang menunggu pada akhir tahun ini.

Baca juga: Piala Thomas dan Uber Digelar Oktober 2020, Ini Tanggapan PBSI

Di antaranya adalah Thomas dan Uber Cup, World Junior Championship ( WJC), Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open, French Open, dan BWF World Tour Finals.

Dari tujuh turnamen itu, yang terdekat adalah Thomas dan Uber Cup.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X