Dominic Thiem Enggan Beri Bantuan untuk Petenis Papan Bawah

Kompas.com - 30/04/2020, 01:00 WIB
Petenis Austria, Dominic Thiem, melaju ke final French Open 2019 seusai menyisihkan unggulan pertama, Novak Djokovic, 8 Juni 2019. AFP/PHILIPPE LOPEZPetenis Austria, Dominic Thiem, melaju ke final French Open 2019 seusai menyisihkan unggulan pertama, Novak Djokovic, 8 Juni 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Pernyataan kontroversial dilontarkan petenis putra terbaik Austria, Dominic Thiem, terkait rencana bantuan finansial bagi para petenis papan bawah.

Dalam wawancara dengan surat kabar Austria, Krone, Dominic Thiem mengatakan bahwa tidak akan ada petenis yang kelaparan meski terjadi pandemi virus Corona alias Covid-19.

Berdasarkan pandangan itulah, Thiem menegaskan bahwa dia tidak akan menyerahkan uang yang sudah didapat dengan susah payah kepada para petenis yang tidak memiliki dedikasi sama seperti dia terhadap olahraga tenis.

"Jujur saja, saya perlu mengatakan bahwa tidak ada petenis yang akan berjuang untuk bertahan hidup, bahkan mereka yang berperingkat rendah sekalipun," ucap Thiem kepada Krone, dilansir BolaSport.com dari The National.

"Ada banyak, banyak pemain yang tidak meletakkan olahraga ini (tenis) di atas segalanya dan mereka tidak hidup dalam etika profesional."

"Saya tidak melihat kenapa saya harus memberi mereka uang saya. Lebih baik saya memberikannya kepada orang-orang atau organisasi yang betul-betul membutuhkannya," kata Thiem lagi.

Gagasan untuk membantu para petenis berperingkat rendah datang secara tidak formal pada pekan lalu, setelah petenis nomor 1 dunia asal Serbia, Novak Djokovic, mengatakan bahwa dia sedang mengerjakan proyek amal bersama dua rival terberatnya, Roger Federer (Swiss) dan Rafael Nadal (Spanyol).

Baca juga: Diizinkan Pemerintah, Dominic Thiem Sudah Kembali Berlatih

Djokovic mengatakan bahwa dia tengah mengatur bantuan bagi para petenis yang kesulitan secara finansial menyusul ditangguhkannya turnamen-turnamen ATP, WTA, dan ITF sejaka akhir bulan lalu.

Rencana donasi Djokovic itu diharapkan bisa menggalang dana sampai 4,5 juta dolar AS atau setara Rp 69,7 miliar.

Adapun asal uang tersebut adalah dari hadiah uang turnamen World Tour Finals serta bonus bagi para petenis top dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X