Beleid Baru Buka Peluang La Liga Dapat Lebih Banyak Uang

Kompas.com - 28/04/2020, 14:24 WIB
Si Juki jalan-jalan ke Spanyol bersama La Liga dan mengunjungi sejumlah stadion dari klub-klub Liga Spanyol. Dok. La LigaSi Juki jalan-jalan ke Spanyol bersama La Liga dan mengunjungi sejumlah stadion dari klub-klub Liga Spanyol.

MADRID, KOMPAS.com - Pandemi corona rupanya membuat La Liga justru mampu membuka peluang bagi La Liga mendapat lebih banyak uang.

Utamanya, tulis laman sportspromedia.com, uang dari hak siar pertandingan oleh stasiun televisi.

Baca juga: Para Bintang La Liga yang Menjadi Petinggi Klub Setelah Pensiun

Pekan ini, pemerintah Spanyol baru saja mengeluakan beleid baru ikhwal kontrak hak siar.

Gelandang Real Betis Prancis Nabil Fekir (kanan) bersaing dengan bek Barcelona Spanyol Junior Firpo selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Betis dan FC Barcelona di stadion Benito Villamarin di Seville pada 9 Februari 2020.AFP/CRISTINA QUICLER Gelandang Real Betis Prancis Nabil Fekir (kanan) bersaing dengan bek Barcelona Spanyol Junior Firpo selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Betis dan FC Barcelona di stadion Benito Villamarin di Seville pada 9 Februari 2020.

Awalnya, beleid lama hanya memberi ruang bagi La Liga melakukan kontrak hanya dari negara-negara anggota Uni Eropa.

Namun, undang-undang baru memperluas cakupan kontrak di seluruh Eropa alias tak terbatas hanya di negara-negara anggota Uni Eropa.

LaLiga Santander menggelar festival penggalangan dana untuk memerangi Covid-19DOK. LaLiga Official LaLiga Santander menggelar festival penggalangan dana untuk memerangi Covid-19

Umur peluang itu adalah tiga tahun dari sekarang atau berakhir usai musim kompetisi 2022/2023.

Liga Primer

Zinedine Zidane saat melakoni laga perpisahan bersama Real Madrid, 7 Mei 2006.AFP/BRU GARCIA Zinedine Zidane saat melakoni laga perpisahan bersama Real Madrid, 7 Mei 2006.

Dengan peraturan baru itu, La Liga menyusul Liga Primer yang mulai enam tahun sebelumnya sudah menjalankan peraturan perluasan penjualan hak siar di seluruh Eropa.

Pada Februari 2020, Liga Primer meneken kontrak hak siar senilai 2,3 miliar euro atau setara dengan 2,5 miliar dollar AS dengan Nordic Entertainment Group (NENT).

Gareth Bale saat dipresentasikan sebagai pemain baru Real Madrid di depan hadapan puluhan ribu suporter Los Galacticos di Santiago Bernabeu, Senin (2/9/2013). AFP/ GERARD JULIEN Gareth Bale saat dipresentasikan sebagai pemain baru Real Madrid di depan hadapan puluhan ribu suporter Los Galacticos di Santiago Bernabeu, Senin (2/9/2013).

Kini, La Liga tengah berusaha menjalin kerja sama serupa dengan 15 negara Eropa lainnya untuk perluasan hak siar itu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X