Proses Persiapan PON 2020 Sesuai Rencana meski Ditunda akibat Covid-19

Kompas.com - 23/04/2020, 13:57 WIB
Menpora Zainudin Amali(baju kuning) memberi keterangab kepada media usai meninjau Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Kamis (13/02/2020) KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIMenpora Zainudin Amali(baju kuning) memberi keterangab kepada media usai meninjau Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Kamis (13/02/2020)
|

KOMPAS.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa proses persiapan PON 2020 Papua tidak ada perubahan meski ditunda akibat wabah Covid-19.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja memutuskan untuk menunda sementara PON 2020.

Keputusan itu baru diambil dalam rapat kabinet terbatas yang dilakukan Presiden Jokowi pada Kamis (23/4/2020).

Presiden Jokowi sekaligus memutuskan jadwal terbaru PON 2020 pada Oktober 2021.

Baca juga: Klub Liga Inggris Milik Orang Indonesia Bakal Punya Stadion Sekelas Wembley

Keputusan Presiden Jokowi tersebut kemudian dilanjutkan oleh Menpora Zainudin Amali dalam video conference dengan awak media.

Dalam jumpa pers yang dilakukan secara daring tersebut, Zainudin Amali menjelaskan beberapa pertimbangan Presiden sehingga memindah jadwal PON 2020 pada Oktober 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya sudah mengikuti rapat kabinet terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dengan agenda tunggal pembahasan tentang kelanjutan PON ke-20 Papua,” ujar Zainudin Amali dalam video conference.

“Dari laporan yang kami sampaikan Menko PMK kemudian dari saya (Menpora), dan beberapa menteri yang memberikan masukan, maka Presiden (Jokowi) memutuskan PON 2020 ditunda menjadi Oktober 2021,” imbuh Menpora.

Baca juga: Iwan Bule Jawab Isu Calon Sekjen PSSI Diisi Terpidana Korupsi

Pertimbangan bulan Oktober 2021 untuk pergelaran PON 2020 tidak terkait dengan jadwal lama yang jatuh pada waktu yang sama.

Keputusan memilih bulan Oktober didasarkan pada jadwal padat beberapa ajang olahraga yang sudah mengisi bulan lain pada tahun 2021, semisal Piala Dunia U20 2021, MotoGP Mandalika 2021, dan SEA Games 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X