Bonek, Sebuah Identitas Kultur Sepak Bola Surabaya

Kompas.com - 21/04/2020, 11:20 WIB
Suporter Persebaya Surabaya larut dalam kegembiraan saat tim kebanggaannya menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuSuporter Persebaya Surabaya larut dalam kegembiraan saat tim kebanggaannya menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020) sore.

SURABAYA, KOMPAS.com - Bonek adalah sebutan pendukung setia Persebaya Surabaya. Mereka dikenal sebagai salah satu suporter militan yang menciptakan kultur tersendiri di Surabaya dan Jawa Timur.

Bonek sebetulnya adalah sebuah akronim dari bondo nekat atau jika dalam istilah Indonesia-nya menjadi modal nekat.

Istilah itu menjadi sebuah gambaran bagaimana pendukung militan ini totalitas dalam memberikan suport kepada tim kesayangan.

Namun, selama perjalanannya, kata Bonek perlahan mengalami pergeseran makna menjadi sebuah identitas suporter Persebaya Surabaya.

Baca juga: Kompetisi Liga 1 Terhenti, Bonek Pilih Berbagi di Tengah Pandemi

Bahkan, kini muncul istilah mbonek, sebutan untuk kegiatan untuk pergi memberikan dukungan langsung kepada Persebaya Surabaya saat bertanding.

Jika ditelisik, ada sekelumit cerita menarik pada awal mula penjulukan Bonek kepada pendukung Persebaya Surabaya.

Pendukung Persebaya Surabaya tidak langsung menamai diri mereka sebagai Bonek.

Bonek baru lahir pada medio musim 1987, sangat jauh dari eksisnya Persebaya Surabaya yang berdiri pada tahun 1927.

Banyak versi mengenai awal mula mana Bonek ini muncul. Namun, semua merujuk pada saat kompetisi Perserikatan musim 1987-88.

Saat itu, Persebaya berhasil lolos ke babak 12 besar untuk melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno Senayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X