PSSI Usulkan Soeratin Sosrosoegondo Jadi Pahlawan Nasional Sejak Era Djohar Arifin

Kompas.com - 19/04/2020, 13:30 WIB
Ketua Umum Pertama PSSI SOeratin Sosrosoegondo saat Kongres PSSI pada 1938 KOMPAS/TOTO SIHONOKetua Umum Pertama PSSI SOeratin Sosrosoegondo saat Kongres PSSI pada 1938

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha agar Soeratin Sosrosoegondo dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Iriawan menyampaikan usulan tersebut dalam pidatonya menyambut HUT ke-90 yang jatuh pada hari ini, Minggu (19/4/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Soeratin yang merupakan pendiri PSSI memiliki jasa besar terhadap sepak bola Indonesia.

"Segala hormat dan doa kita sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepak bola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosoegondo," kata Iriawan dalam pidatonya.

Baca juga: HUT ke-90 PSSI, Soeratin Sosrosoegondo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

"Kami akan terus berjuang, agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional, atas seluruh jasanya membuat sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan," sambungnya.

Dikutip dari Tabloid BOLA edisi 19 April 2012, Usulan agar Soeratin dianugerahi gelar pahlawan nasional sebenarnya sudah muncul sejak 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djohar Arifin Husin yang saat itu menjabat sebagai ketua umum PSSI mengaku sangat mengagumi sosok Soeratin Sosrosoegondo.

Waktu itu, PSSI di bawah kepemimpinan Djohar berjanji akan mengusulkan kepada pemerintah agar Soeratin dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Baca juga: PSSI Jawab Kritikan Warganet soal Jersey Timnas Indonesia

Tiga tahun sebelumnya, pada era Nurdin Halid, PSSI juga sudah mengusulkannya, tapi belum dipenuhi pemerintah.

"Semangat dan perjuangan Soeratin untuk mempersatukan bangsa melalui sepak bola sungguh luar biasa. Atas apa yang dilakukannya itu untuk negeri ini, beliau pantas menjadi pahlawan nasional," kata Djohar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.