Asal-usul Istilah Gol Olimpik, Gol Langsung dari Sepak Pojok ala Toni Kroos

Kompas.com - 16/04/2020, 12:40 WIB
Toni Kroos merayakan gol dari sepak pojok alias Gol Olimpik pada laga semifinal Piala Super Spanyol kontra Valencia di King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi. AFP/GIUSEPPE CACACEToni Kroos merayakan gol dari sepak pojok alias Gol Olimpik pada laga semifinal Piala Super Spanyol kontra Valencia di King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi.

KOMPAS.com - Gol dari sepak pojok merupakan salah satu gol yang paling sulit dilakukan di dunia sepak bola. Gol tersebut punya istilah sendiri, yaitu Olympic Goal atau Gol Olimpik.

Dilansir dari Tabloid BOLA edisi 1987 tertanggal 4 Desember 2009, Gol Olimpik ini disahkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 15 Juni 1924.

FIFA menyebut bahwa gol pertama yang datang dari sepak pojok dicetak oleh Billy Alston di Skotlandia pada 21 Agustus 1924.

Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa gol tersebut datang lewat tandukan dan diciptakan pada 23 Agustus 1923.

Baca juga: Berasal dari Kata Latin, Ini Asal Usul Klasemen di Dunia Olahraga

Alhasil, Gol Olimpik dikatakan terjadi perdana pada 2 Oktober1924.

Ketika itu, penyerang sayap Argentina, Cesareo Onzari, mencetak gol dari sepak pojok kala menghadapi Uruguay, sang juara Olimpiade, di Estadio Sportivo Barracas.

Pada menit ke-15 pertandingan tersebut, Onzari mencetak gol langsung dari sepak pojok tanpa pemain lain mencetak gol.

Gol tersebut dinamakan "Olympic Goal" tak lain karena korban pertama gol tersebut adalah Uruguay, sang juara Olimpiade.

Menariknya, Gol Olimpik baru dicetak di Olimpiade untuk pertama kalinya pada London 2012 saat gelandang Megan Rapinoe melesatkan gol dari sepak pojok pada laga semifinal kontra Kanada.

Sementara itu, Gol Olimpik pertama dan satu-satunya di Piala Dunia diciptakan oleh pemain Kolombia, Marcos Coll, saat menjebol gawang kiper legendaris Uni Soviet pada Piala Dunia 1962.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X