FIBA Undur Sejumlah Turnamen Agar Tak Bentrok dengan Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 10/04/2020, 11:20 WIB
Pemain tim nasional basket Spanyol, Sergio Llull, berupaya menembak bola pada laga final Piala Dunia Basket di Beijing, China, pada Minggu (15/9/2019). AFP/WANG ZHAOPemain tim nasional basket Spanyol, Sergio Llull, berupaya menembak bola pada laga final Piala Dunia Basket di Beijing, China, pada Minggu (15/9/2019).

KOMPAS.com - Federasi Bola Basket Dunia ( FIBA) memutuskan mengundurkan jadwal sejumlah turnamen menyusul penundaan Olimpiade Tokyo karena pandemi virus corona.

Olimpiade Tokyo yang sejatinya berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang ditunda selama setahun dan akan kembali digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Melansir Antara, FIBA memutuskan untuk mengubah sejumlah turnamennya setelah melakukan rapat virtual dengan jajaran Komite Ekskutif terkait dampak pandemi terhadap kalender federasi tersebut.

Dalam pernyataannya, FIBA menyambut baik langkah Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menunda pagelaran Olimpiade Tokyo karena pandemi virus corona.

Baca juga: Pandemi Global Virus Corona, Kelanjutan Liga Basket Eropa Ditunda

"FIBA menyambut baik konfirmasi penjadwalan ulang Olimpiade Tokyo menjadi tanggal 23 Juli-8 Agustus 2021," tulis pernyataan FIBA.

"Kami berterima kasih kepada Komite Olimpide Internasional (IOC) atas kolaborasi dan resolusi di situasi kompleks ini," demikian lanjutan pernyataan FIBA.

Maka dari itu, FIBA kemudian merevisi jadwal sejumlah turnamen agar tidak bentrok dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun depan.

Turnamen kualifikasi Olimpiade yang sedianya digelar pada 23-28 Juni 2020 diputuskan diundur dan dilangsungkan tanggal 22 Juni hingga 4 Juli 2021 sembari menunggu persetujuan dari IOC.

Kemudian, turnamen tingkat regional yakni EuroBasket (Kejuaraan Eropa) dan AmeriCup (Kejuaraan Amerika Selatan) yang seharusnya digelar pada tahun ini diganti menjadi tanggal 1 hingga 18 September 2022.

Penjadwalan ulang juga berimbas terhadap jadwal kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X