Siapkan Rp 6,8 Triliun, Putra Mahkota Arab Saudi Bakal Beli Klub Liga Inggris

Kompas.com - 05/04/2020, 21:20 WIB
Gelandang Newcastle United, Jonjo Shelvey, saat merayakan mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Sheffield United dan Newcastle United di stadion Bramall Lane di Sheffield, AFP/OLI SCARFFGelandang Newcastle United, Jonjo Shelvey, saat merayakan mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Sheffield United dan Newcastle United di stadion Bramall Lane di Sheffield,

KOMPAS.com - Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, berencana membeli salah satu klub peserta Liga Inggris, Newcastle United.

Rumor tersebut semakin santer diperbincangkan ketika Mohammed bin Salman dikabarkan sudah menyiapkan uang sebesar 340 juta poundsterling atau sekitar Rp 6,8 triliun.

Andai hal tersebut benar-benar terjadi, The Magpies, julukan Newcastle United, berpotensi menjadi salah satu klub besari di Liga Inggris dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, Newcastle United bisa menjadi klub termahal kedua di Liga Inggris setelah Manchester United yang dibeli keluarga Glazer dengan kisaran harga 790 juta poundsterling pada tahun 2005.

Baca juga: Legenda Newcastle United Ditahan karena Melanggar Aturan Karantina

Mohammed bin Salman rencananya bakal membeli The Magpies dari tangan Mike Ashley, pemilik Newcastle United saat ini.

Melansir dari The Telegraph, Mike Ashley memang sudah memutuskan mencari investor baru untuk klubnya. Pada tahun 2017, dia mengumumkan akan menjual klub.

Sebelumnya, dia membeli The Magpies dari saham Sir John Hall yang saat itu kabarnya bernilai sebesar 55 juta poundsterling.

Dalam proses pembeliannya nanti, Mohammed bin Salman menggalang dana sebesar 6,9 triliun dengan cara konsorsium.

Sebanyak tiga induk perusahaan tergabung dalam konsorsium yang digalang putra mahkota tersebut. Mereka yakni Dana Investasi Publik (PIF), PCP Capital dan Amanda Staveley.

Baca juga: Floyd Mayweather Tertarik Beli Klub Liga Inggris, Newcastle United

Nama induk perusahaan yang pertama disebut menjadi pemodal terbesar dengan persentase 80 persen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X