Wacana Tetap Bergulir, Tour de France Disebut Sebagai Pelanggaran HAM

Kompas.com - 04/04/2020, 21:10 WIB
Pebalap sepeda asal Inggris, Christoper Froome, menikung di lintasan menuju Semnoz pada Tour de France ke-100, Sabtu (20/7/2013). letour.frPebalap sepeda asal Inggris, Christoper Froome, menikung di lintasan menuju Semnoz pada Tour de France ke-100, Sabtu (20/7/2013).

KOMPAS.com - Mantan menteri olahraga Perancis, David Douillet, mengkritik keras wacana balap sepeda Tour de France (TdF) untuk tetap bergulir di tengah pandemi virus corona.

Tour de France dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni-19 Juli mendatang.

Satu per satu kejuaraan dan pertandingan olahraga di seluruh dunia kini ditunda dan dibatalkan menyusul meluasnya pandemi virus corona, termasuk di Perancis.

Menghimpun data dari Pusat Sistem Sains dan Teknik Universitas Johns Hopkins, Perancis mencatat 83.029 kasus dengan 6.520 kematian dan 14.125 orang dinyatakan sembuh hingga Sabtu (4/4/2020) malam WIB.

Statistik tersebut membuat Perancis menjadi negara keempat dengan kasus Covid-19 terbanyak di Eropa setelah Spanyol, Italia, dan Jerman.

Baca juga: Tour de France Tak Mungkin Digelar Tanpa Penonton

Meski demikian, sejauh ini belum ada kejelasan perihal apakah Tour de France akan ditunda atau dibatalkan.

Diberitakan KOMPAS.com sebelumnya, ada tiga opsi terkait rencana penyelenggaraan TdF 2020, yakni dibatalkan, ditunda, atau digelar tanpa penonton.

Menteri Olahraga Perancis, Roxana Maracineanu, memberikan sinyal TdF 2020 bisa digelar dengan catatan tidak boleh ada penonton.

Namun, Prudhomme memastikan bahwa penyelenggaraan tur balap sepeda itu tidak akan digelar secara tertutup.

"Tour de France tidak akan diselenggarakan secara tertutup", ucap Prudhomme.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X