Cristiano Ronaldo Jadi Mata Kuliah di Salah Satu Universitas Terbaik Kanada

Kompas.com - 03/04/2020, 20:40 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Liga Italia antara SPAL vs Juventus pada Sabtu (22/2/2020). ISABELLA BONOTTO/AFPPenyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Liga Italia antara SPAL vs Juventus pada Sabtu (22/2/2020).

KOMPAS.com - Perbincangan megabintang Cristiano Ronaldo nyatanya tidak hanya di rumput hijau, tetapi juga hingga di kehidupan sosial.

Cristiano Ronaldo memiliki daya pengaruh sangat hebat balam berbagai aspek, mulai dari pola hidup sehat, model, brand, hingga media sosial dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia.

Pada tahun 2015, nama Cristiano Ronaldo juga menjadi salah satu mata kuliah jurusan Sosiologi di The University of British Columbia (UBC) Okanagan di Kanada.

Dalam kelas tersebut membahas seluk beluk sosok kapten timnas Portugal itu. Ronaldo dianggap sebagai sosok yang mempunyai pengaruh tinggi dalam kehidupan sosial.

Baca juga: Unggahan Kasar Politisi Portugal yang Suruh Cristiano Ronaldo Tinggalkan Madeira

Hal tersebut membuktikan nama Ronaldo tidak hanya sebatas skill dan penampilannya di atas rumput hijau, tetapi hingga fenomena sosial.

Professor sosiologi di UBC Okanagan, Luis LM Aguiar yang memelopori mata kuliah ini mengungkapkan, dirinya tertarik dengan banyaknya wacana yang mengonstruksikan sosok Ronaldo.

"Ronaldo adalah orang yang selalu dibuntuti oleh paparazzi dan diteliti dalam hal gaya rambut, fisik, status selebriti, hingga kehidupan cintanya," kata Aguiar dikutip laman resmi kampus UBC Okanagan.

"Ronaldo sering diceritakan sebagai perwujudan dari kecepatan, kekuatan, daya saing, yang dikombinasikan dengan etos kerja keras, disiplin, dan kemampuan adaptasi," ujar Aguiar.

Baca juga: Best Starting XI Man United Era Alex Ferguson, Ada Cristiano Ronaldo

"Saya memiliki dua kegemaran pada sepak bola dan sosiologi kritis. Sebuah mata kuliah tentang Cristiano Ronaldo akan memberikan kesempatan bagi saya untuk menggabungkan kedua hal itu," tambahnya.

Aguiar menjelaskan, fenomena Ronaldo yang tidak hanya sebatas dunia si kulit bulat menjadi alasan adanya kelas tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X