Asa Jepang dari Sepanjang Garis Pantai Fukushima

Kompas.com - 01/04/2020, 23:57 WIB
Timnas Jepang memastikan diri ke babak 16 besar Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F seusai menang atas Uzbekistan, 17 Januari 2019. www.THE-AFC.comTimnas Jepang memastikan diri ke babak 16 besar Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F seusai menang atas Uzbekistan, 17 Januari 2019.

FUKUSHIMA, KOMPAS.com - Awalnya adalah gempa bumi berkekuatan magnitudo 9.

Lokasi gempa yang memunculkan tsunami setinggi 10 meter itu ada di Tohoku pada 11 Maret 2011.

Bencana alam itu juga menimbulkan kecelakaan energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima.

Kendaraan melintas di Futaba pada Rabu (4/3/2020). Futaba sempat ditutup selama 9 tahun setelah tiga reaktor nuklir Fukushima Daiichi jatuh dan mengeluarkan radiasi ke angkasa, akibat gempa bumi berkekuatan 9 magnitudo menghantam Jepang 11 Maret 2011.Koji Ito/The Yomiuri Shimbun Kendaraan melintas di Futaba pada Rabu (4/3/2020). Futaba sempat ditutup selama 9 tahun setelah tiga reaktor nuklir Fukushima Daiichi jatuh dan mengeluarkan radiasi ke angkasa, akibat gempa bumi berkekuatan 9 magnitudo menghantam Jepang 11 Maret 2011.

Alhasil, garis pantai di Fukushima itu pun luluh lantak.

Sembilan tahun berselang, bertepatan juga dengan momen Olimpiade Tokyo 2020 yang pada faktanya ditunda setahun lantaran pandemi virus corona, pemerintah Jepang membangun J-Village.

Kapten timnas Jepang, Makoto Hasebe saat membela negaranya di Piala Dunia 2018 di Rusia.the-afc.com Kapten timnas Jepang, Makoto Hasebe saat membela negaranya di Piala Dunia 2018 di Rusia.

J-Village kini adalah lokasi pelatihan bagi pesepak bola muda elite Jepang.

Baca juga: Api Olimpiade Tokyo 2020, Upacara Sepi Yukihiko Nunomura

Fasilitas di J-Village digunakan sebagai pangkalan untuk meluncurkan upaya pemulihan di sepanjang garis pantai yang hancur.

Pemerintah Jepang dan Prefekturat Fukushima membenahi kembali pangkalan itu sebagai pusat pelatihan bagi para pemain sepak bola muda elite Jepang sebagai asa bagi kian majunya sepak bola Negeri Matahari Terbit.

Skuat timnas Jepang saat beruji coba dengan Uni Emirat Arab, 23 Maret 2018. AFP/NEZAR BALOUT Skuat timnas Jepang saat beruji coba dengan Uni Emirat Arab, 23 Maret 2018.

Api

Logo Olimpiade Tokyo 2020Shutterstock Logo Olimpiade Tokyo 2020

Tiba di Jepang menjelang perhelatan Olimpiade Tokyo 2020, bagaimana nasib api Olimpiade tersebut?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X