Laga Atalanta Vs Valencia Jadi Bom Biologis Virus Corona, UEFA Buka Suara

Kompas.com - 30/03/2020, 21:40 WIB
Atalanta vs Valencia pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB. AFP/MIGUEL MEDINAAtalanta vs Valencia pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Eropa ( UEFA) buka suara soal laga Atalanta vs Valencia pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang disebut sebagai "bom biologis" virus corona di Italia.

Wali Kota Bergamo Giorgio Gori menyebut laga Atalanta vs Valencia yang digelar di Stadion San Siro, Milan pada Rabu (19/2/2020) malam waktu setempat sebagai bom biologis.

Sebab, pertandingan yang dimenangi Atalanta dengan skor 4-1 itu dihadiri oleh lebih dari 40.000 orang dan diklaim membuat virus corona menyebar ke seluruh Italia dan Spanyol.

"Pertandingan itu merupakan bom biologis. Saat itu, kami sama sekali tidak tahu apa yang terjadi," kata Gori seperti dikutip dari Marca.

Baca juga: Malam Terbesar Atalanta yang Jadi Bom Biologis Virus Corona di Italia

"Jika virus itu mulai merebak, sekitar 40.0000 fans yang datang ke San Siro (Milan), sudah pasti terinfeksi," imbuh Gori.

Lombardy memang menjadi wilayah paling parah terdampak virus corona. Hal itu membuat pemerintah Italia memberlakukan karantina wilayah pada awal Maret.

Menanggapi kasus yang terjadi seusai laga Atalanta vs Valencia, Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyebutkan bahwa saat itu tidak ada yang tahu wilayah Lombardy akan menjadi pusat penyebaran virus corona.

"Pada 19 Februari, tidak ada seorang pun yang tahu bahwa Lombardy akan menjadi pusat epidemi," kata Ceferin.

Baca juga: Tinta Emas Atalanta di Liga Champions Dibayar Ribuan Nyawa

"Siapa kami sehingga bisa mengatakan pertandingan itu digelar? Kami mengikuti saran otoritas setiap waktu dan kami tidak bisa melakukan apa-apa," kata Ceferin menambahkan.

Ceferin kemudian menjelaskan bahwa keputusan untuk menggelar laga leg kedua menjadi lebih mudah setelah melihat situasi yang terjadi setelah pertandingan pertama.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Marca
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X