Penundaan Olimpiade 2020 Tidak Pengaruhi Bidding Indonesia untuk Olimpiade 2032

Kompas.com - 30/03/2020, 21:10 WIB
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari (kiri) dengan Presiden NOC China, Gou Zhongwen dalam pertemuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 di Beijing, China, Kamis (14/11/2019). BOLASPORT.com/ Delia MustikasariKetua KOI Raja Sapta Oktohari (kiri) dengan Presiden NOC China, Gou Zhongwen dalam pertemuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 di Beijing, China, Kamis (14/11/2019).

KOMPAS.com - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengatakan bahwa penundaan Olimpiade Tokyo 2020 tidak mempengaruhi niat Indonesia yang tengah mengajukan diri (bidding) sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Seperti diketahui sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional ( IOC) bersama Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, memutuskan menunda gelaran Olimpiade 2020 akibat maraknya penyebaran virus corona.

Alhasil, multi-ajang empat tahunan yang rencananya akan digelar pada 24 Juli sampai 9 Agustus 2020 itu harus diundur paling lambat hingga musim panas 2021 mendatang.

Baca juga: Olimpiade Ditunda, NOC Indonesia: Atlet Bisa Lebih Mempersiapkan Diri

Terkait keputusan ini, pihak KOI menegaskan bahwa penundaan Olimpiade 2020 tidak berpengaruh terhadap niat bidding Indonesia.

Namun, belum resminya status Indonesia sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 memang diakui dapat menghampat proses bidding tersebut.

"Sebetulnya tidak ada pengaruh langsung untuk bidding. Bahkan, jika Olimpiade 2020 sesuai jadwal, di Tokyo agak sulit untuk promosi karena kita belum resmi sebagai calon tuan rumah," ujar Raja Sapta Oktohari yang dikutip dari BolaSport.

"Indonesia yang belum resmi menjadi kandidat tuan rumah justru akan lebih banyak fleksibilitas sebagai peserta untuk promosi.

"Saya percaya kami semangat menjadi tuan rumah dan berdasarkan info yang kami dapat, pengumuman tuan rumah disampaikan sebelum 2024," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Tanggal Resmi Olimpiade Tokyo pada 2021 Akan Diputuskan Pekan Ini

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris KOI, Ferry J Kono.

Dia kembali menjelaskan bahwa posisi Indonesia dalam rangka bidding Olimpiade 2032 baru memasuki tahap diskusi untuk memperoleh status kandidat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X