Bos Ferrari Prediksi F1 Musim Ini Bakal Berakhir Januari 2021

Kompas.com - 30/03/2020, 11:00 WIB
Kepala Tim Ferrari Mattia Binotto berada di pit pada tes musim dingin yang digelar di Catalunya, 28 Februari 2020. AFP/GETTY IMAGES/CHARLES COATESKepala Tim Ferrari Mattia Binotto berada di pit pada tes musim dingin yang digelar di Catalunya, 28 Februari 2020.

KOMPAS.com - Kepala Tim Ferrari Mattia Binotto memperkirakan bahwa ajang Formula 1 ( F1) musim ini akan selesai pada Januari 2021 akibat pandemi corona.

Delapan balapan pertama dari kalender F1 2020 telah ditunda. GP Inggris yang dijadwalkan pada Juli mendatang juga terancam ditunda.

Adapun, GP Abu Dhabi yang akan digelar pada November seharusnya menjadi seri penutup kalender F1 2020.

Namun, Binotto memprediksi jadwal balapan musim ini akan molor hingga tahun depan karena ditundanya sejumlah balapan akibat mewabahnya virus corona.

Baca juga: CEO F1 Rencanakan Balapan Musim Ini Diperpendek Jadi 15-18 Seri

Binotto mengungkapkan bahwa tim-tim peserta terus melakukan dialog dengan pihak F1 soal kelanjutan musim ini.

"Kami menilai beberapa ide dengan balapan digelar berdekatan. Mungkin satu atau tiga balapan (digelar) pada Januari dan membatalkan sesi latihan hari Jumat," ungkap Binotto seperti dikutip dari BBC.

"Bersama kepala tim lainnya, saya merasa saat ini adalah momen yang menentukan," imbuh Binotto.

"Kami telah memutuskan untuk memberikan kebebasan kepada Chase Carey (CEO Formula 1) dan FIA untuk menyusun jadwal secepat mungkin agar kami bisa balapan lagi," tegas Binotto.

Baca juga: GP Azerbaijan Jadi Seri Ke-8 F1 2020 yang Resmi Ditunda/Dibatalkan

Pekan lalu, Chase Carey menyatakan bahwa pihak F1 berusaha untuk tetap menggelar balapan musim ini untuk setidaknya 15-18 seri dari 22 seri yang telah dijadwalkan.

"Kami berharap musim ini bisa dimulai pada musim panas dengan kalender yang direvisi antara 15-18 balapan," kata Carey.

Gelaran F1 2020 hingga saat ini belum dimulai dengan seri terdekat adalah GP Kanada yang dijadwalkan pada 14 Juni.

Baca juga: Jeda Panjang, Para Pebalap F1 Juga Akan Work From Home

Sebelumnya, delapan seri telah resmi ditunda, yaitu GP Australia, GP Bahrain, GP Vietnam, GP China, GP Belanda, GP Spanyol, GP Monako, dan terakhir GP Azerbaijan.

Carey menekankan bahwa jadwal asli F1 2020 tetap berpeluang untuk diubah mengingat adanya pembatasan perjalanan secara global akibat dari pandemi corona.

Aturan F1 menyebutkan bahwa minimal harus ada delapan balapan dalam satu musim agar kejuaraan bisa dinyatakan valid.


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X