Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Sosial Ana Ivanovic dan Para Mantan Petenis Dunia Lawan Virus Corona

Kompas.com - 29/03/2020, 07:30 WIB
Alsadad Rudi,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makin meluasnya pandemi virus Corona ke seluruh dunia membuat para mantan petenis dunia tergerak untuk ikut dalam aksi sosial, salah satunya dilakukan mantan petenis putri asal Serbia, Ana Ivanovic.

Dikutip Antaranews.com dari laman resmi WTA, Ivanovic jadi bagian dari sebuah tim yang memberikan bantuan 35 ventilator serta Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis dan perlengkapan medis bagi keluarga yang rentan di negaranya.

“Pendistribusian pertama APD, termasuk masker, pakaian pelindung, kacamata pelindung dan sarung tangan bagi para profesional kesehatan diharapkan tersalurkan pekan ini, seperti halnya gelombang pertama dari 1.700 perlengkapan kebersihan untuk keluarga yang paling rentan dengan anak-anak," kata pengumuman UNICEF Serbia dalam pernyataannya.

Baca juga: LeBron James Tolak Ide NBA Dilanjutkan Langsung ke Babak Playoff

“Solidaritas di masa-masa sulit sangat penting untuk mengatasi tantangan yang kita semua hadapi bersama.”

Langkah yang dilakukan Ivanovic juga dilakukan mantan petenis nomor 1 dunia lainnya, Garbine Muguruza.

Muguruza turun tangan bersama dengan dua rekan senegaranya, Carla Suarez Navarro dan Paula Badosa.

Mereka bergabung dengan pemain tunggal putra nomor dua dunia Rafael Nadal dan pemain basket Paul Gasol dalam prakarsa solidaritas Spanyol bertajuk 'Palang Merah Tanggap'.

Baca juga: Ana Ivanovic Resmi Pensiun dari Dunia Tenis

Gerakan ini dilaporkan berhasil mengumpulkan bantuan mencapai 11 juta euro (sekitar Rp 178 miliar) dari kalangan dunia olahraga Spanyol untuk mengurangi dampak COVID-19.

Mereka melakukannya sebagai cara untuk membalas dukungan yang telah diterima oleh atlet Spanyol dari masyarakat selama bertahun-tahun.

Di Polandia, mantan petenis yang sekarang menjadi pelatih, Sandra Zaniewska memprakarsai berdirinya program Rakietaw Koronawirusa (Raket Untuk Virus Corona).

Program tersebut diadakan dengan tujuan mengumpulkan bantuan yang akan isalurkan bagi tenaga medis, meliputi peralatan perlindungan pribadi termasuk masker, helm, pakaian pelindung dan sarung tangan.

Ia didukung mulai dari petenis Polandia nomor 1 dan 2 yang tengah bersinar saat ini, Magda Linette dan Iga Swiatek, hingga mantan finalis Wimbledon, Agnieszka Radwanska dan saudaranya, Urszula.

Baca juga: Jonatan Christie Sambut Positif Penundaan Olimpiade Tokyo

Dana tersebut akan disalurkan ke Fundacja Sensoria (Yayasan Sensoria), dan akan disalurkan ke rumah sakit di kota-kota di seluruh Polandia termasuk Lublin, Rzeszow dan Szczecin.

"Kita harus bertindak secepat mungkin dan melindungi para pahlawan kita yang ada di garis depan - dokter, perawat, paramedis, penyelamat," isi pernyataan inisiatif itu.

"Waktu pemanasan dan pertahanan sudah berakhir. Ancamannya nyata dan Anda harus bertindak. Kami harus memesan peralatan sesegera mungkin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com