Daftar 11 Juara UFC, dari Khabib Nurmagomedov hingga Zhang Weili

Kompas.com - 25/03/2020, 05:00 WIB
Petarung UFC asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, saat memamerkan sabuk juara kelas ringan miliknya. AFP/ VASILY MAXIMOVPetarung UFC asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, saat memamerkan sabuk juara kelas ringan miliknya.

KOMPAS.com - Khabib Nurmagomedov menjadi salah satu dari 11 pemegang gelar juara di ajang tarung bebas Ultimate Fighting Championship alias UFC saat ini.

Saat ini, ajang UFC untuk pria mempertandingkan delapan divisi yang dibagi berdasarkan ukuran berat badan petarungnya.

Delapan divisi itu terdiri dari kelas terbang (flyweight), bantam (bantamweight), bulu (featherweight), ringan (lightweight), welter (welterweight), menengah (middleweight), berat-ringan (light-heavyweight), dan berat (heavyweight).

Sementara itu, untuk sektor wanita, ada empat sabuk yang diperebutkan, yaitu kelas jerami (strawweight), kelas terbang, kelas bantam, dan kelas bulu.

Kecuali kelas terbang atau flyweight, setiap divisi UFC tersebut telah memiliki sosok juara.

Pemegang gelar juara paling populer di UFC saat ini adalah petarung Amerika Serikat Jon Jones dan Khabib Nurmagomedov (Rusia).

Baca juga: 6 Petarung UFC Terhebat Versi Khabib Nurmagomedov, Tak Ada Conor McGregor

Sebab, Jones dan Nurmagomedov tengah dalam tren bagus hingga menempati dua posisi teratas ranking lintas divisi atau pound-for-pound.

Jon Jones berkarier di light-heavyweight atau kelas berat ringan.

Petarung berjuluk Bones itu sudah memegang gelar kelas berat ringan sejak Maret 2011 kendati sempat dicopot pada 2017 akibat kasus doping.

Sementara itu, Khabib Nurmagomedov 'baru' mendapatkan sabuk juara UFC lightweight atau kelas ringan pada April 2018.

Halaman:

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X