Kompas.com - 19/03/2020, 11:20 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 ShutterstockLogo Olimpiade Tokyo 2020

KOMPAS.com - Atlet lompat galah, Katerina Stefanidi (Yunani) dan atlet heptathlon, Katarina Johnson-Thompson (Inggris) ikut mengkritik wacana IOC soal upaya mengusahakan Olimpiade terlaksana sesuai jadwal di tengah pandemi virus corona

Sebelumnya, kritik atas wacana IOC (Komite Olimpiade Internasional) dan panitia penyelenggara bukan hanya datang dari atlet, tapi juga anggota IOC sendiri.

Anggota IOC, Hayley Wickenheiser, mengatakan krisis akibat virus corona lebih besar dan seharusnya menjadi prioritas semua orang di dunia saat ini daripada harus memaksakan melangsungkan Olimpiade.

Serupa dengan Wickenheiser, atlet lompat galah Yunani, Katerina Stefanidi mengatakan IOC menempatkan semua atlet dalam risiko jika tetap melaksanakan Olimpiade berlangsung sesuai jadwal.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Ini Hasil Terkini Telekonferensi IOC

Olimpiade sendiri dijadwalkan tetap berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus di Tokyo, Jepang. Sementara, Piala Eropa 2020 yang akan diadakan pada Juni-Juli 2020 bakal diundur satu tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada penundaan, tidak ada pembatalan. Akan tetapi IOC menempatkan kami dalam risiko," kata Katerina Stefanidi dikutip Kompas.com dari Reuters.

"Kita semua ingin Olimpiade Tokyo terlaksana, tapi ada rencana B jika itu tidak terjadi?."

"Kita harus memutuskan apakah akan membahayakan kesehatan dengan melanjutkan latihan di situasi seperti ini," kata Stefanidi melanjutkan.

Data yang dihimpun dari worldometer pada Kamis (19/3/2020) pagi WIB, ada 418 orang terinfeksi virus corona dengan lima kasus kematian dan 14 dinyatakan sembuh di Yunani.

Pemerintah Yunani pun telah menginstruksikan penutup bisnis dan ritel dengan bebarapa pengecualian, sedangkan semua fasilitas olahraga telah ditutup selama seminggu.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.