Rencana Olimpiade 2020 Tetap Berlanjut Dapat Kecaman dari Anggota IOC

Kompas.com - 18/03/2020, 20:00 WIB
Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo. AFP/BEHROUZ MEHRIObor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo.

KOMPAS.com - Anggota Komite Olimpiade Internasional ( IOC) mengecam rencana panitia pelaksana Olimpiade Tokyo 2020 untuk tetap menggelar ajang olahraga terbesar dunia tersebut.

IOC dan panitia penyelenggara sampai saat ini masih mengusahakan agar Olimpiade Tokyo 2020 berjalan sesuai jadwal.

Olimpiade Tokyo 2020 sendiri dijadwalkan akan dimulai pada 24 Juli-9 Agustus mendatang.

Namun, wacana IOC dan panitia pelaksana Olimpiade tersebut menuai kecaman dari salah satu anggota IOC, Hayley Wickenheiser.

Baca juga: Di Tengah Wabah Corona, PM Jepang: Persiapan Olimpiade Tokyo 2020 Jalan Terus

Wickenheiser mengatakan, krisis akibat virus corona lebih besar dan seharusnya menjadi prioritas semua orang di dunia saat ini daripada harus memaksakan melangsungkan Olimpiade.

"Krisis karena wabah virus corona lebih besar daripada Olimpiade. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada 24 jam ke depan, apalagi dalam waktu tiga bulan," ucap Wickenheiser dikutip BolaSport dari Japan Times.

Wichkenheiser mengingatkan IOC soal pandemi virus corona telah membawa dampak negatif untuk para atlet yang bersiap mengikuti Olimpiade.

Dampak negatifnya adalah pembatasan akses ke fasilitas latihan serta pembatalan turnamen yang menjadi ajang kualifikasi pengumpulan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Ketua Federasi Sepak Bola Jepang Positif Terjangkit Virus Corona

"Dari sudut pandang olahragawan, saya bisa berempati membayangkan betapa cemas dan sedihnya para atlet saat ini," ucap Wickenheiser.

"Ketidakpastian soal lokasi Anda akan berlatih esok hari karena fasilitas latihan ditutup dan turnamen batal akan terasa sangat buruk ketika Anda sudah berlatih lama demi Olimpiade," kata dia.

Halaman:

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X