Ketika Virus Corona Seakan "Membunuh" Sepak Bola

Kompas.com - 14/03/2020, 09:45 WIB
Ilustrasi Covid-19 ShutterstockIlustrasi Covid-19

KOMPAS.comVirus corona tidak hanya menelan korban jiwa, tetapi juga berimbas pada kehidupan sosial manusia, termasuk perhelatan kompetisi olahraga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyebaran virus corona sebagai pandemi global.

Sejumlah negara di belahan dunia menerapkan lockdown atau melakukan isolasi terhadap wilayah yang diwaspadai sebagai lokasi penyebaran Covid-19 tersebut.

Italia menjadi negara di Benua Eropa pertama yang melakukan lockdown tersebut. Negeri Pizza itu juga menjadi episentrum virus corona di Benua Biru.

Baca juga: Jika Opsi Liga Italia Terjadi di Inggris, Liverpool Bisa Next Year Lagi

Imbasnya, perhelatan Liga Italia diberhentikan sementara dalam jangka waktu yang belum ditentukan.

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, resmi mengumumkan bahwa semua kompetisi olahraga termasuk Serie A, kasta tertinggi Liga Italia, diberhentikan sementara pada 9 Maret 2020.

"Tidak ada waktu lagi, statistik menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah penyebaran, dan banyak orang masuk ruang perawatan intensif dan banyak kematian," kata Giuseppe Conte.

"Kebiasaan kami harus berubah, kami harus mengorbankan sesuatu demi kebaikan seluruh Italia. Itulah mengapa kami mengadopsi langkah yang ketat."

"Kami memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk kegiatan olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya ditangguhkan. Semua suporter harus menerimanya," tandas dia.

Baca juga: RFEF Beri Rekomendasi Semua Klub Liga Spanyol Hentikan Latihan

Beberapa hari kemudian, keputusan yang sama juga diambil pemerintah Spanyol. Efeknya, Liga Spanyol harus ditunda selama satu bulan lamanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X