Jepang Ingin Olimpiade Tokyo 2020 Berlangsung Sesuai Jadwal

Kompas.com - 13/03/2020, 15:20 WIB
Seorang pejalan kaki melintas di National Stadium, lokasi digelarnya seremoni pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (27/2/2020). KIMIMASA MAYAMASeorang pejalan kaki melintas di National Stadium, lokasi digelarnya seremoni pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (27/2/2020).
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Jepang ingin tetap menggelar Olimpiade Tokyo 2020 sesuai jadwal meski dunia sedang menghadapi ancaman virus corona.

Hal itu disampaikan juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga, seperti dikutip Antaranews.com dari Reuters, Jumat (13/3/2020).

Pernyataan itu disampaikan setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta penyelenggaraan Olimpiade ditunda hingga tahun depan.

"Saya memahami pernyataan Presiden Trump, tapi kami terus bekerja erat dengan IOC (Komite Olimpiade Internasional), komite penyelenggara, dan Tokyo dalam mempersiapkan Olimpiade ini seperti sudah direncanakan," kata Suga kepada wartawan di Tokyo.

Pada Kamis (12/3/2020) kemarin, Trump mengungkapkan, penyelenggara mesti mempertimbangkan penundaan Olimpiade selama satu tahun.

Sebab, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan wabah virus corona sebagai pandemi global.

Baca juga: Donald Trump Minta Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda Satu Tahun

Menurut Trump, perhelatan Olimpiade 2020 tidak akan ada apa-apanya tanpa dihadiri penonton.

Dalam pembicaraan telepon antara Trump dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, kedua pemimpin tidak membahas penundaan Olimpiade Tokyo atau menggelarnya tanpa penonton.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara senior pemerintah Jepang, Naoki Okada.

"Perdana Menteri sudah tegas menyatakan bahwa dia ingin memenangi perang melawan virus corona dan menyukseskan Olimpiade musim panas ini," kata Okada dalam briefing media.

Okada juga mengatakan kedua pemimpin tidak membahas pembatasan perjalanan antara Jepang dan AS.

Pada Rabu kemarin, Trump mengumumkan bahwa AS melarang perjalanan ke Eropa demi mencegah penyebaran virus itu secara lebih jauh.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X