Olimpiade Tokyo 2020, Gundam Saksikan Olimpiade dari Luar Angkasa

Kompas.com - 10/03/2020, 19:08 WIB
Jajaran Gundam dari masa ke masa di pintu masuk KARAKSA MEDIAJajaran Gundam dari masa ke masa di pintu masuk

TOKYO, KOMPAS.com - Dua model robot Gundam bersiap menyaksikan perhelatan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020 dari luar angkasa.

Laman kyodonews.net menulis, sebuah mikrosatelit yang membawa dua model itu sukses diluncurkan ke luar angkasa.

Baca juga: Terinspirasi Gundam, Pria di Jepang Bikin Kendaraan Robot Raksasa

Penyelenggara kedua perhelatan olahraga multicabang paling akbar di dunia itu merilis pernyataan mereka pada Sabtu pekan lalu.

Mikrosatelit pembawa dua model Gundam itu diluncurkan dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional, Cape Canaveral, Florida, AS pada Jumat (6/3/2020).

Logo Olimpiade Tokyo 2020Shutterstock Logo Olimpiade Tokyo 2020

Mikrosatelit bernama G Satelit itu membawa model robot SpaceX/Dragon.

Satelit akan mencapai orbit sekitar akhir April 2020.

Dari situlah, mikrosatelit akan mengeliling Bumi lewat orbitnya sepanjang perhelatan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.

Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.channelnewsasia.com/Reuters/Issei Kato Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.

"Ini kali pertama sebuah satelit digunakan untuk memperingati kegiatan olahraga," kata penyelenggara dalam pernyataannya.

Di dalam satelit, ada papan elektronik dan tujuh kamera kecil yang akan mengirimkan gambar-gambar model robot Gundam tersebut berikut pesan-pesan dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang.

Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo. AFP/BEHROUZ MEHRI Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo.

Inisiatif melibatkan figur anime paling sohor di Jepang itu menjadi bagian dari kerja sama Proyek One Team Tokyo 2020 dengan Universitas Tokyo dan Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang.

Stasiun ruang angkasa itu juga menjadi bagian dari perarakan obor api Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.

Dua astronot Jepang, Soichi Noguchi dan Akihiko Hoshide akan mengirimkan pesan-pesan kepada para pembawa obor api dari orbit luar angkasa.

Logo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020twitter Logo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020



Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X