Olimpiade Tokyo 2020, Hingga Kini Tak Ada Kata "Penundaan" atau "Pembatalan"

Kompas.com - 05/03/2020, 17:06 WIB
Atlet angkat besi Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Eko Yuli Irawan. Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Eko meraih medali perak kelas 62 kilogram. 


Kompas.com/Josephus PrimusAtlet angkat besi Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Eko Yuli Irawan. Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Eko meraih medali perak kelas 62 kilogram.

LAUSANNE, KOMPAS.com - Sampai saat ini, tidak ada kata "penundaan" atau "pembatalan" untuk pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

Laman kyodonews.net menulis, pernyataan itu datang dari Presiden Komite Olimpiade Tokyo 2020 Thomas Bach.

"Tidak ada bahkan saat kami akan menggelar pertemuan Badan Eksekutif," kata Thomas Bach.

Thomas Bach mengatakan hal itu di tengah-tengah merebaknya virus corona, bahkan hingga ke Jepang.

Baca juga: 6 Atlet Indonesia yang Sudah Dipastikan Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020

Pertemuan Badan Eksekutif dilaksanakan selama dua hari di Lausanne, Swiss.

Lagi-lagi menekankan," Olimpiade Tokyo 2020 sesuai rencana akan berlangsung mulai 24 Juli sampai dengan 9 Agustus."

Presiden Joko Widodo saat menyambut rombongan atlet OlimpiadeKemepora Presiden Joko Widodo saat menyambut rombongan atlet Olimpiade

Kerja sama

Thomas Bach Thomas Bach

Bach mengatakan, pihaknya bekerja sama erat dengan pihak terkait semisal Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami juga bekerja sama dengan panitia setempat untuk menghadapi merebaknya virus itu," katanya.

Tangkapan layar laman Taiwan Ministry of Foreign Affairs terkait penanganan Covid-19DOK. Taiwan Ministry of Foreign Affairs Tangkapan layar laman Taiwan Ministry of Foreign Affairs terkait penanganan Covid-19

Saat ini, virus corona sudah menginfeksi 90.000 orang di seluruh dunia.

Sejauh ini, lanjut Bach, IOC akan berkonsultasi dengan federasi internasional berkenaan dengan kuota alokasi andaikan ada atlet yang tidak dapat ikut serta dalam kualifikasi Olimpiade lantaran virus corona.

Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Terkini, IOC menerima laporan dari John Coates melalui telekoferensi ikhwal persiapan dan upaya mitigasi untuk menghadapi virus corona bersama komite organisasi.

John Coates adalah orang yang ditunjuk IOC untuk penugasan berkenaan dengan persiapan Olimpiade Tokyo 2020 di tengah-tengah merebaknya virus corona.

Penyemprotan disinfektan di Bandara Soekarno-Hatta untuk pencegahan virus coronaDok Angkasa Pura II Penyemprotan disinfektan di Bandara Soekarno-Hatta untuk pencegahan virus corona



Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X