Olimpiade Tokyo 2020, Ancaman Virus Corona Sentuh Media

Kompas.com - 03/03/2020, 21:05 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 ShutterstockLogo Olimpiade Tokyo 2020

TOKYO, KOMPAS.com - Penundaan bahkan pembatalan Olimpiade Tokyo 2020 lantaran persebaran virus corona dipercaya juga menyentuh bisnis media.

Laman antaranews.com menulis, NBC Universal pada Desember mengumumkan sudah menjual lebih dari 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,23 triliun.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Virus Corona Ancam Perusahaan Asuransi

Dana sebesar itu merupakan bentuk komitmen iklan yang direncanakan disiarkan di AS.

Angka itu sudah di ambang melewati angka 1,2 miliar dollar AS atau setara Rp 17 triliun.

Sementara, induk perusahaan ini, Comcast, sudah setuju membayar 4,38 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 62,36 triliun untuk hak media AS bagi empat Olimpiade mulai 2014-2020.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Hati-hati Kerugian dari Pemasukan Sponsor

Sementara itu, Discovery Communication, induk saluran televisi Eurosport sudah sepakat mengeluarkan 1,3 miliar euro (Rp 18,5 triliun) untuk layar Olimpiade di seluruh Eropa dari 2018 sampai dengan 2024.

Sementara itu, menurut Chef Financial Officer (CFO) Discover Gunnar Wiedenfelds mengisyaratkan bahwa pembatalan Olimpiade tidak berdampak besar pada keuangan perusahaan.

"Investasi kami sudah dilindungi asuransi," tuturnya.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Hitung-hitungan Kerugian Dampak Virus Corona

Tagihan

Ilustrasi dollar ASThinkstock.com Ilustrasi dollar AS

Sementara itu, perusahaan-perusahaan asuransi global bakal menghadapi tagihan menggila seumpama Olimpiade Tokyo 2020 batal atau ditunda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X