Virus Corona Ancam Olimpiade Tokyo 2020, Menpora Tunggu Rekomendasi Kemenkes

Kompas.com - 27/02/2020, 22:00 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) KOMPAS.com/SANIA MASHABIMenteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menpora, Zainudin Amali, menyebut kepastian kontingen Indonesia mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 tergantung rekomendasi dari Kementrian Kesehatan RI.

Pernyataan Zainudin Amali ini berkaitan dengan wabah virus corona yang juga mengganggu persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

"Jika Jepang memutuskan menunda atau membatalkan Olimpiade 2020 (karena virus corona) itu keputusan mereka. Setiap negara punya kebijakan tersendiri termasuk Indonesia," kata Zainudin Amali.

"Kami akan menunggu keputusan Kemenkes sebagai pihak berwenang di Indonesia. Jika sudah ada keputusan atau rekomendasi, maka kami akan menuruti itu," ujar Zainudin Amali menambahkan.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Ini Dampak Virus Corona pada Perarakan Obor

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 memang terancam ditunda hingga dibatalkan karena wabah virus corona.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, per Kamis (27/2/2020) terkonfirmasi ada 178 kasus positif virus corona di Jepang.

Menurut salah satu anggota Komite Olimpiade Internasional, Dick Pound, pembatalan adalah opsi yang harus diambil jika virus corona tidak selesai sampai waktu penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Dick Pound menilai ajang sebesar Olimpiade tidak mungkin ditunda atau dipindahkan karena situasi negara pengganti pasti tidak siap jika ditunjuk mendadak.

Hal itu terkait dengan biaya penyelenggaraan hingga musim yang terjadi di sebuah negara.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Harapan Penyelenggaraan Tak Terhalang Virus Corona 

Meski demikian, Zainudin Amali memastikan persiapan atlet Indonesia saat ini terus berjalan sesuai jadwal meski penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 belum bisa dipastikan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X