Maria Sharapova Resmi Pensiun dari Dunia Tenis

Kompas.com - 26/02/2020, 22:01 WIB
Petenis Rusia, Maria Sharapova, memberikan salam kepada penonton di National Indoor Arena setelah memenangi pertandingan melawan petenis Polandia, Agnieszka Radwanska, pada pertandingan babak penyisihan Grup Putih WTA Final, Jumat (24/10/2014). AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN Petenis Rusia, Maria Sharapova, memberikan salam kepada penonton di National Indoor Arena setelah memenangi pertandingan melawan petenis Polandia, Agnieszka Radwanska, pada pertandingan babak penyisihan Grup Putih WTA Final, Jumat (24/10/2014).

KOMPAS.com - Mantan petenis nomor satu dunia, Maria Sharapova, resmi pensiun dari dunia olahraga yang membesarkan namanya.

Sharapova mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia tenis dalam sebuah easi di laman Vanity Fair pada Rabu (26/2/2020).

"Bagaimana Anda meninggalkan satu-satunya kehidupan yang Anda kenal? Bagaimana Anda meninggalkan permainan yang Anda cintai yang membuat tangis bahagia," tulis Sharapova.

"Bagaimana Anda meninggalkan olahraga di mana Anda menemukan keluarga, bersama dengan penggemar yang mendukung Anda selama lebih dari 28 tahun?" Sharapova menambahkan.

Baca juga: Sharapova Terusik dengan Aksi Pauline Parmentier di Wimbledon 2019

"Saya baru saja melakukan ini, jadi tolong maafkan saya. Saya mengucapan selamat tinggal untuk dunia Tenis," lanjut tulisan Sharapova.

Sharapova, sepanjang kariernya, telah memenangi lima gelar Grand Slam.

Grand Slam pertamanya diraih di turnamen Wimbledon pada 2004 silam saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Kemudian Sharapova melanjutkan prestasinya dengan menjuarai turnamen US Open (2006), Australia Open (2008), dan dua kali French Open (2012 dan 2014).

Selain kariernya yang cemerlang, petenis asal Rusia ini juga mengalami masa terendah dalam kariernya.

Baca juga: Cedera Kubur Impian Sharapova Melangkah Jauh di Wimbledon 2019

Pada 2016 lalu, Sharapova, yang kini berusia 32 tahun, tersandung masalah doping menjelang turnamen Australia Open 2016.

Sharapova divonis positif mengonsumsi melodium, zat yang telah dilarang Badan Anti-Doping Dunia (Wada) pada 1 Januari 2016. 

Akibatnya, Sharapova terkena hukuman larangan bermain selama 15 bulan. 

Setelah menuntaskan masa hukuman, Sharapova sulit kembali ke performa semula.

Peringkatnya terus merosot dan saat ini berada di ranking 373 dunia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X