Mengenang Zulkarnain Lubis, Asal-usul Julukan Maradona Indonesia

Kompas.com - 11/05/2018, 13:03 WIB
Mantan pemain tim nasional Indonesia, Zulkarnain Lubis. DOK PSSIMantan pemain tim nasional Indonesia, Zulkarnain Lubis.

KOMPAS.com - Legenda Timnas Indonesia, Zulkarnain Lubis, baru saja mengembuskan napas terakhir. Pria 59 tahun tersebut meninggal dunia di Pali, Sumatera Selatan, Jumat (11/5/2018) pukul 07.45 WIB.

Selama menjalani karier sebagai pemain profesional, Zulkarnain nyaris membawa Indonesia menembus Piala Dunia 1986 sebelum langkah mereka dijegal Korea Selatan. Aksinya di lapangan tengah menyita perhatian sehingga dia mendapat julukan Maradona Indonesia.

Permainan menawan Zulkarnain di lini tengah membuat sosoknya begitu menonjol saat tampil di lapangan. Rambut gondrongnya yang serupa dengan penampilan Maradona, diduga menjadi alasan publik menjulukinya Maradona Indonesia.

Namun, pria asal Binjai itu menolak anggapan julukannya berasal dari rambut, melainkan dari kemampuannya.

Baca Juga: 5 Mantan Striker Tajam Ini Jadi Pelatih Legendaris, Sir Alex Ferguson Salah Satunya

"Julukan itu setahu saya pertama kali dilontarkan saat kejuaraan antarklub Asia di Arab Saudi," kata Zulkarnain kepada BolaSport.com, Rabu (6/9/2017).

Tak hanya Maradona Indonesia, banyak julukan lain yang disematkan untuknya seiring waktu bergulir.

"Saya memang gondrong saat itu dan saya diganti-ganti julukannya, tidak tahu juga kenapa kadang-kadang dimirip-miripin orang," tambahnya.

Pria yang pernah bermain untuk Mercu Buana pada kompetisi Galatama itu tak setuju julukan untuknya karena sekadar dari rambut gondrongnya.

"Bukan karena model rambut, mungkin dari kemampuan," tutur Zulkarnain. (Muhammad Robbani)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X