Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aturan Extra Time dan Adu Penalti di Perempat Final Piala Dunia 2022

KOMPAS.com - Aturan extra time dan adu penalti pada babak 8 besar alias perempat final Piala Dunia 2022 sama dengan fase gugur sebelummya dan turnamen-turnamen utama FIFA lainnya.

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar sejak 20 Desember lalu kini telah mencapai perempat final.

Sebanyak delapan tim telah memastikan tempat di babak 8 besar Piala Dunia 2022 Qatar yaitu Kroasia, Brasil, Belanda, Argentina, Maroko, Portugal, Inggris, dan Perancis.

Adapun laga-laga yang tersaji di perempat final Piala Dunia 2022 adalah Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina, Maroko vs Portugal, dan Inggris vs Perancis.

Rangkaian jadwal perempat final Piala Dunia 2022 bakal dimulai dengan duel Kroasia vs Brasil pada Jumat (9/12/2022) malam WIB dan ditutup partai Inggris vs Perancis, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Jika melihat peta kekuatan masing-masing tim dan kejutan yang sering terjadi di Piala Dunia 2022, bukan tidak mungkin laga-laga perempat final bakal selesai dengan extra time atau adu penalti.

Sebelumnya pada babak 16 besar, ada dua laga yang harus diselesaikan dengan adu penalti yaitu Jepang vs Kroasia dan Maroko vs Spanyol.

Laga Jepang vs Kroasia tuntas dengan skor sama kuat 1-1 pada waktu normal dan extra time, sedangkan duel Maroko vs Spanyol tak ada gol yang tercipta.

Aturan Extra Time dan Babak Adu Penalti

FIFA telah menjelaskan aturan soal extra time dan adu penalti pada fase gugur Piala Dunia 2022 dalam regulasi turnamen pasal 3 tentang format kompetisi.

Pada poin 1, dijelaskan bahwa jika terjadi skor imbang dalam waktu normal pada laga fase gugur atau knockout, pertandingan akan dilanjutkan ke extra time.

Kemudian pada poin 2, apabila skor masih sama pada extra time, pemenang laga fase gugur ditentukan melalui adu penalti sesuai dengan Laws of the Game.

Berikut adalah aturan dasar extra time dan adu penalti pada fase gugur Piala Dunia.

Extra Time:

  • Total waktu extra time adalah 30 menit yang dibagi menjadi dua babak atau period.
  • Durasi masing-masing babak dalam extra time adalah 15 menit.
  • Tim yang unggul saat extra time selesai dinyatakan sebagai pemenang laga.

Adu Penalti:

  • Setiap tim mengambil lima penendang dalam babak adu penalti.
  • Tendangan penalti dilakukan secara bergantian oleh kedua tim.
  • Tim yang mencetak lebih banyak gol (penalti masuk) menjadi pemenang laga.
  • Adu penalti dapat berakhir lebih awal jika satu tim dapat unggul dan tidak bisa disamai oleh tim lain sebelum kesempatan penendang kelima.
  • Tendangan sudden-death dilakukan jika terjadi skor imbang setelah kedua tim mengambil lima kesempatan menendang penalti.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/12/08/22375448/aturan-extra-time-dan-adu-penalti-di-perempat-final-piala-dunia-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke