Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ribuan Pelajar Bersaing di Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Sumatera Utara

KOMPAS.com - Antusiasme pelajar Sumatera menyambut Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan dari jumlah pendaftar Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Sumatera Utara yang hampir mencapaI 5.000 pelajar dari 17 sekolah.

Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Sumatera Utara berlangsung di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed) pada 11-13 November.

Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatera Utara mengaku sangat bahagia melihat tingginya minat pelajar mengikuti Champion SAC Indonesia 2022.

Mantan Ketum PSSI itu menilai Champion SAC Indonesia 2022 sangat membantu pelajar Tanah Air mengasah bakat dan merasakn atmosfir kompetisi.

"Kalau kita ambil anak potensial tingkat SMA yang berprestasi dari Champion SAC Indonesia butuh dua atau tiga tahun lagi mereka ini sudah bisa menunjukkan kemampuannya untuk kebutuhan Sumut," ujar Edy.

"Untuk jangka panjangnya, bisa ambil dari anak-anak yang masih SD dan SMP. Dan ini bukan hanya ditargetkan untuk PON, tetapi terus berkesinambungan untuk kebutuhan yang lain,” kata Edy menambahkan.

Pada hari pertama kompetisi, Jumat (11 November 2022), Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Sumatera Utara melombakan 12 nomor.

Novitria Indriarti Hasibuan keluar sebagai pemenang nomor lompat jauh putri kategori SMA. 

Lompatan sejauh  4,59 meter mengantarkan Novitria sebagai juara mengalahkan 35 peserta lainnya. 

Berkat kemenangan itu, Novitria yang merupakan siswi SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan berhak melaju ke babak National Championship. 

Novitria tak sendirian. Dia akan ditemani oleh Elfhira Nur Sadrina dari SMAN 4 Kisaran yang menempati posisi kedua dengan lompatan sejauh 4,26 meter.

Sementara dari babak penyisihan lari jarak menengah 800 meter putra dan putri untuk kategori SMP, berlangsung sengit. 

Seva Sembiring dari SMP Sultan Iskandar Muda, menjadi pelari terbaik kategori putra berkat catatan waktu 2 menit 34,3 detik. 

Dari sektor putri, wakil MTSN 3 Padang Sidimpuan Yaumil Fauziyah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 39,8 detik. 

Khusus jenjang SMA, juara dan runner-up dari semua nomor pada North Sumatera Qualifiers ini berhak melaju ke babak National Championship. 

Mereka nantinya akan bersaing dengan pelajar terbaik dari total sembilan wilayah qualifiers di Indonesia. 

Babak puncak itu akan dihelat di Jakarta pada 9-11 Desember mendatang. 

Kemudian para pelajar yang berhasil menjadi juara pada National Championship akan mengikuti training camp di Australia.

Champion SAC Indonesia 2022 merupakan kompetisi atletik terbesar di Tanah Air hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia, dengan dukungan dari Energen.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/11/13/03164628/ribuan-pelajar-bersaing-di-champion-sac-indonesia-2022-kualifikasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke