Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil SEA Games 2021: Malaysia Tetap di Puncak meski Imbang, Berpeluang Jumpa Indonesia di Semifinal

KOMPAS.com - Pertandingan timnas U23 Malaysia vs timnas U23 Kamboja pada babak penyisihan grup sepak bola putra SEA Games 2021 Grup B berakhir dengan skor imbang.

Malaysia yang sudah memastikan tempat di semifinal melakoni laga kontra Kamboja pada matchday terakhir Grup B SEA Games 2021.

Laga Malaysia vs Kamboja tersebut digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, pada Senin (16/5/2022) sore WIB.

Disaksikan Shin Tae-yong yang berada di tribune Stadion Thien Truong, Malaysia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Kamboja.

Kamboja dua kali memimpin melalui sepakan penalti Choun Chanchav pada menit ke-45+2 dan gol Narong Kakada menit ke-62.

Namun, dua kali pula Malaysia bisa membalas ketertinggalan. Hadi Fayyadh Razak tampil sebagai penyelamat Harimau Muda berkat dua golnya, masing-masing pada menit ke-51 dan 67.

Ulasan Laga Malaysia Vs Kamboja

Timnas U23 Malaysia besutan Brad Maloney sejatinya lebih menguasai pertandingan pada babak pertama.

Tim Harimau Muda bermain agresif untuk menggempur pertahanan timnas U23 Kamboja yang dilatih oleh Keisuke Honda dan Ryu Hirose.

Namun, agresivitas Malaysia hampir sepanjang babak pertama tak membuahkan gol. Petaka justru menghampiri pertahanan Malaysia pada masa injury time.

Bek kanan mereka, Quentin Cheng, melakukan handball di dalam kotak terlarang ketika berusaha menghalau sebuah bola lambung. Handball Quentin Cheng membuat wasit menunjuk titik putih tanda penalti bagi Kamboja.

Choun Chanchav yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti menjalankan tugasnya secara baik. Sepakan kaki kanan Chanchav sukses menjebol gawang Malaysia.

Gol Choun Chanchav pada menit ke-45+2 membawa Kamboja menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Malaysia.

Tertinggal satu gol, Malaysia tampil lebih menyerang pada awal babak kedua. Gol yang dinanti pun hadir pada menit ke-51, juga melalui penalti.

Pelanggaran bek Kamboja, Taing Bunchhai, terhadap Syafik Ismail di dalam kotak terlarang membuahkan penalti bagi Malaysia.

Striker Harimau Muda, Hadi Fayyadh Razak, maju sebagai algojo penalti dan melakukan tugasnya secara sempurna. Malaysia pun menyamakan skor menjadi 1-1.

Namun, skor imbang 1-1 tak bertahan lama. Kamboja bisa kembali unggul melalui pemain pengganti, Narong Kakada, pada menit ke-62.

Narong Kakada lolos dari jebakan offside lini belakang Malaysia, berlari kencang ke kotak penalti, lalu menaklukkan kiper Azri Ghani melalui penempatan bola di antara kedua kaki.

Tujuh menit kemudian, Malaysia kembali bisa membalas, lagi-lagi melalui sang ujung tombak Hadi Fayyadh Razak. Skor kembali imbang, kini 2-2.

Pada sisa waktu babak kedua, Malaysia terus menekan. Di sisi seberang, Kamboja coba memperkuat pertahanan dengan memasukkan pemain-pemain bertahan.

Hingga pertandingan selesai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor akhir, Malaysia bermain imbang 2-2 dengan Kamboja.

Hasil sepak bola SEA Games 2021 ini membuat Malaysia tetap memuncaki klasemen Grup B dengan nilai 8 dari empat laga, unggul dua poin atas Thailand yang baru memainkan tiga pertandingan.

Namun, posisi puncak klasemen Grup B berpeluang direbut oleh Thailand yang akan melawan tim juru kunci, Laos, pada malam ini pukul 19.00 WIB.

Jika Thailand gagal menang atas Laos, Malaysia akan menjadi juara Grup B dan akan melawan Indonesia (runner up Grup A) di semifinal sepak bola putra SEA Games 2021.

Namun, jika Thailand berhasil menang atas Laos, Pasukan Gajah Perang bakal merebut posisi puncak klasemen akhir Grup B. Apabila ini terjadi, timnas Thailand-lah yang akan menjadi lawan Indonesia di semifinal SEA Games 2021.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/05/16/17590388/hasil-sea-games-2021-malaysia-tetap-di-puncak-meski-imbang-berpeluang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke