Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eksklusif - Lenovo Partner Resmi F1 2022 hingga Perpanjang Kolaborasi dengan Ducati

KOMPAS.com - Perusaahan teknologi Lenovo musim ini melakukan kolaborasi dengan Formula 1 (F1) dan tim Ducati di MotoGP. 

Kerja sama antara Lenovo dan Ducati sebenarnya sudah terjalin sejak 2018. Mereka kemudian melanjutkan kerja sama itu pada tahun ini. 

Sementara itu, Lenovo baru mulai menjadi partner resmi Formula 1 pada musim 2022. 

Berikut wawancara Kompas.com dengan President of Intelligent Devices Group (IDG) Lenovo Luca Rossi, Jumat (18/3/2022): 

Apa yang membuat F1 2022 ini akan berbeda dari musim-musim sebelumnya seiring kerja sama dengan Lenovo?

Transformasi digital semakin cepat di seluruh industri dan bidang, setiap tahun terus menghadirkan tantangan dan peluang unik untuk pengalaman digital kita. Dalam dunia yang berkembang pesat dan kompetitif seperti balap motor, perangkat keras premium Lenovo, teknologi generasi modern, dan solusi inovatif akan membantu Formula 1 meningkatkan operasi di seluruh organisasi untuk menghubungkan penggemar dengan olahraga melalui konten yang lebih menarik dan disesuaikan.

Di dunia di mana kita merangkul solusi hybrid dalam pekerjaan dan kehidupan ini, perangkat cerdas menjadi pusat pengalaman digital semua orang. Solusi laptop dan desktop konsumen dan bisnis kami, serta monitor, tablet, dan perangkat ThinkSmart, akan memungkinkan organisasi untuk meningkatkan produktivitas, mobilitas, dan keamanan, baik di jalur maupun di kantor pusat, sedangkan workstation pemrosesan tinggi Lenovo akan meningkatkan kinerja terberat aktivitas, seperti desain CAD, pembuatan, dan pengeditan grafik.

Keterlibatan penggemar dalam olahraga motor berkembang dengan realita hybrid baru kami. Sejalan dengan komitmen Formula 1 untuk terus meningkatkan pengalaman para penggemar, teknologi kami akan membantu perusahaan membuat konten yang lebih baik untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Misalnya, solusi perangkat keras komputer berkinerja tinggi akan digunakan dalam aplikasi video, serta untuk mendukung solusi siaran lokal, sedangkan solusi server berkinerja tinggi akan dimanfaatkan untuk aplikasi transmisi video dan untuk aplikasi perintah siaran umum dan aplikasi kontrol.

Apa alasan di balik kerja sama dengan F1 ini? Apakah karena Lenovo memiliki hubungan dengan Ducati di MotoGP?

Transformasi digital penting untuk berkembang dalam situasi saat ini, baik itu dalam pengaturan sehari-hari seperti ruang kelas dan ruang kerja, atau lingkungan critical dari industri motorsport. Formula 1 dan Lenovo memiliki kesamaan nilai yang mencakup nilai kinerja, inovasi, kualitas premium, dan fokus pada pelanggan, serta komitmen bersama kami untuk mendorong keragaman, inklusi, dan pendidikan menghasilkan generasi berbakat.

Teknologi semakin penting dalam industri motorsport, membantu organisasi tidak hanya untuk mencapai performa on-track yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi juga untuk meningkatkan operasi di lingkungan yang dinamis dan menantang dan untuk melibatkan penggemar dengan konten yang sangat inovatif dan disesuaikan.

Kerja sama kami dengan Formula 1, Dorna, dan Ducati menawarkan kesempatan untuk menampilkan merek dan produk kami yang luar biasa di tingkat global serta tentunya menampilkan performa perangkat, infrastruktur, solusi, dan layanan Lenovo untuk mempromosikan inovasi di sektor ini.

Selain itu, berkat kerja sama dengan organisasi terkemuka di industri olahraga motor, kami dapat menguji teknologi kami di lingkungan yang sangat penting, terus meningkatkan dan menyesuaikan solusi kami agar sesuai dengan tantangan bisnis unik mereka.

Lenovo sebelumnya pernah bekerja sama dengan Ferrari. Apa yang membedakan dengan kerja sama bersama F1 sekarang?

Bekerja dengan merek terkemuka di industri motorsport memungkinkan kami untuk menunjukkan pentingnya transformasi digital dan nilai solusi Lenovo untuk membentuk masa depan sektor ini, sejalan dengan evolusi industri yang cepat. Berkat kerja sama kami bertahun-tahun dengan Formula 1, Dorna, dan Ducati, serta kolaborasi sebelumnya seperti dengan Ferrari, Lenovo telah memimpin dalam mengubah pasar motorsport, mendorong evolusinya melalui inovasi yang berkelanjutan.

Kapan kerja sama F1 dimulai dan untuk berapa lama?

Kerja sama dengan Formula 1 dimulai pada musim 2022 ini dan selama beberapa tahun ke depan, kita akan melihat perangkat keras Lenovo, serta solusi komputasi performa tinggi dan server semakin terintegrasi di seluruh operasi organisasi Formula 1.

Keuntungan apa saja yang akan diperoleh Lenovo dan F1 dari kerja sama ini?

Kerja sama ini akan mendorong visibilitas global Lenovo, menunjukkan kemampuan kami dalam skala global dan mengintegrasikan teknologi perangkat keras terdepan di industri di jantung Formula 1.

Selain itu, Lenovo akan mendapatkan keuntungan dari berbagai peluang pemasaran mulai dari papan nama trackside hingga visibilitas media sosial dan digital, hingga aktivitas keterlibatan untuk tamu kami di akhir pekan GP dan banyak lagi. Terakhir, kami juga akan menjadi sponsor utama dari dua balapan per musim, disertakan dalam judul acara dan branding terkait, dan mendapatkan peningkatan visibilitas di jalur balap.

Apa pendapat Anda tentang kompetisi F1 musim ini? Mampukah F1 menarik perhatian publik dan semakin seru?

Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk berdiri bersama Formula 1 dalam perjalanan ini, karena kami dengan berani mengeksplorasi kemungkinan baru bersama yang ditentukan oleh inovasi, kualitas, dan kinerja terbaik di kelasnya. Motorsports diakui untuk mengembangkan misi lingkungan dengan kritis – menuntut kualitas terbaik dari orang-orang dan peralatan mereka.

Di dunia hybrid, permintaan ini lebih besar karena kami melihat orang mengharapkan lebih banyak standarisasi premium dalam segala hal yang mereka lakukan dengan teknologi. Lenovo berkomitmen untuk memberikan pengalaman premium ini (dan lebih banyak lagi) ke Formula 1, sehingga setengah miliar penggemar di seluruh dunia dapat menikmati apa yang mungkin terjadi saat teknologi cerdas dan olahraga digabungkan.

Kerja sama ini dekat dengan hati saya karena saya juga penggemar berat Formula 1. Kami berharap kemitraan ini menginspirasi industri untuk terus mendorong lingkungan yang serba cepat ini dan menawarkan pengalaman yang semakin inovatif kepada audiens yang sangat berwawasan teknologi.

Ducati dan Lenovo telah bekerja sama sejak 2018. Apa keistimewaan dari kerja sama pada musim ini?

Ducati telah lama menjadi pemimpin dalam inovasi sepeda motor. Kerja sama ini memungkinkan kami untuk terus menyediakan teknologi yang dibutuhkan Tim Ducati Lenovo untuk mendorong olahraga mereka lebih maju ke masa depan, menciptakan sepeda motor yang lebih cepat, lebih ramping, dan lebih aman.

Kerja sama teknologi kami yang telah berjalan lama memungkinkan perusahaan mengubah cara kerjanya secara signifikan dan memperoleh wawasan berharga lebih cepat, mengambil keputusan strategis berbasis data dalam waktu yang lebih singkat.

Tahun 2022 ini, kami akan fokus untuk lebih meningkatkan kolaborasi di dunia mobile yang hybrid. Pertama-tama, kami akan menyelesaikan proyek Remote Garage Project (Garasi Jarak Jauh), yang memungkinkan para insinyur menerima data secara real time dan berinteraksi dengan garasi dan sepeda motor saat bekerja jarak jauh.

Selain itu, bersama dengan Ducati, kami berkomitmen untuk meningkatkan konferensi video baik di kantor pusat maupun di garasi, dengan tujuan untuk menghubungkan tim virtual dengan lebih baik untuk kolaborasi yang sukses, bahkan dari jarak bermil-mil.

Terakhir, kami akan bekerja sama untuk memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan, machine learning, dan AR untuk mempercepat R&D, pengujian dan pemeliharaan di masa depan, serta dukungan pasca-penjualan untuk sepeda motor Ducati.

Kami bangga bisa bekerja sama dengan Ducati untuk membentuk kembali masa depan MotoGP, sambil terus menghubungkan teknologi antara dunia balap dan street bikes Ducati.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/03/20/21200038/eksklusif-lenovo-partner-resmi-f1-2022-hingga-perpanjang-kolaborasi-dengan

Terkini Lainnya

Hasil Cagliari vs Juventus 2-2: Nyonya Tua Kebobolan Dua Gol dari Penalti

Hasil Cagliari vs Juventus 2-2: Nyonya Tua Kebobolan Dua Gol dari Penalti

Liga Italia
MU Umumkan Kedatangan Jason Wilcox, Kejar Standar Performa Tertinggi

MU Umumkan Kedatangan Jason Wilcox, Kejar Standar Performa Tertinggi

Liga Inggris
Timnas U23 Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Babak Knockout

Timnas U23 Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Babak Knockout

Internasional
Klub Liga Belanda Vitesse Diganjar Pengurangan 18 Poin, Degradasi Pertama Setelah 35 Tahun

Klub Liga Belanda Vitesse Diganjar Pengurangan 18 Poin, Degradasi Pertama Setelah 35 Tahun

Liga Lain
Jadwal Semifinal Piala FA: Man City Vs Chelsea, Coventry Vs Man United

Jadwal Semifinal Piala FA: Man City Vs Chelsea, Coventry Vs Man United

Sports
Persib Vs Persebaya, Munster Bicara Tantangan Finis di Posisi Terbaik

Persib Vs Persebaya, Munster Bicara Tantangan Finis di Posisi Terbaik

Liga Indonesia
Kata Pelatih Yordania Soal Timnas U23 Indonesia

Kata Pelatih Yordania Soal Timnas U23 Indonesia

Timnas Indonesia
LPDUK Kemenpora Ungkap Alasan Boyong Red Sparks ke Indonesia

LPDUK Kemenpora Ungkap Alasan Boyong Red Sparks ke Indonesia

Sports
Red Sparks Vs Indonesia All Star, Asa Lahirkan Penerus Megawati

Red Sparks Vs Indonesia All Star, Asa Lahirkan Penerus Megawati

Sports
Alasan Persik Layangkan Laporan ke Satgas Antimafia Bola

Alasan Persik Layangkan Laporan ke Satgas Antimafia Bola

Liga Indonesia
Permintaan Maaf Mourinho yang Terkuak oleh Kisah Schweinsteiger

Permintaan Maaf Mourinho yang Terkuak oleh Kisah Schweinsteiger

Liga Inggris
Jadwal Liga Spanyol, El Clasico Real Madrid Vs Barcelona

Jadwal Liga Spanyol, El Clasico Real Madrid Vs Barcelona

Liga Spanyol
Saat Legenda Timnas Indonesia 'Angkat Topi' untuk Ernando Ari...

Saat Legenda Timnas Indonesia "Angkat Topi" untuk Ernando Ari...

Timnas Indonesia
Klopp Pulang Tanpa Keajaiban, Liverpool Terbentur Hati 'Sang Dewi'

Klopp Pulang Tanpa Keajaiban, Liverpool Terbentur Hati "Sang Dewi"

Liga Lain
Piala Asia U23 2024, Syarat Timnas U23 Indonesia Lolos ke Perempat Final

Piala Asia U23 2024, Syarat Timnas U23 Indonesia Lolos ke Perempat Final

Timnas Indonesia
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke