Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Bedanya The Best FIFA Football Awards dan Ballon d'Or?

KOMPAS.com - Induk sepak bola dunia (FIFA) telah mengumumkan nominasi finalis dalam penganugerahan The Best FIFA Football Awards 2021.

Dalam ajang tersebut, Lionel Messi masuk tiga besar nomine untuk kategori penghargaan Pemain Terbaik Pria 2021.

Penyerang Paris Saint-Germain itu akan bersaing dengan dua nama lain yang tersisa, yakni Mohamed Salah dan Robert Lewandowski.

Melansir laman resmi FIFA, seremoni penghargaan Pemain Terbaik FIFA dalam ajang penganugerahan The Best FIFA Football Awards 2021 akan berlangsung pada Senin (17/1/2022).

La Pulga, julukan Lionel Messi, menjadi pemenang trofi Ballon d'Or 2021, sedangkan Robert Lewandowski harus puas menempati peringkat kedua.

Adapun Mohamed Salah juga masuk dalam daftar teratas nomine Ballon d'Or 2021. Akan tetapi, winger Liverpool itu harus puas menduduki peringkat ketujuh.

Lantas apa bedanya penghargaan The Best FIFA Football Awards dan Ballon d'Or?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut perbedaan The Best FIFA Football Awards dan Ballon d'Or.

Dalam ajang tersebut, ada 11 kategori mulai dari pemain terbaik, pelatih terbaik, kiper terbaik, hingga Puskas Award atau gol terbaik.

Sebelumnya, FIFA pernah menjalankan penghargaan dengan tema FIFA World Player of the Year mulai tahun 1991 hingga 2009.

Namun, setelah itu hilang ketika penghargaan tersebut bergabung dengan Ballon d'Or.

Untuk sistem pemungutan suara atau penilaian menentukan pemenang The Best FIFA diputuskan melalui perhitungan lewat suara yang masuk dari setiap kapten tim nasional, pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan fans.

Adapun bentuk trofi penganugerahan The Best FIFA terbuat dari platinum dan karbon, yang menyerupai trofi Piala Dunia.

Ballon d'Or adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh majalah asal Perancis, France Football, kepada pemain yang dinilai menunjukkan penampilan terbaik selama satu musim.

Penghargaan Ballon d'Or pertama kali diberikan pada 1956 yang digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot.

Ballon d'Or awalnya hanya diperuntukan bagi pemain-pemain yang berasal dari Eropa saja.
Namun, ketentuan tersebut berubah pada 1995 dengan memasukkan seluruh pemain dengan berbagai latar belakang kebangsaan yang berkarier di kompetisi Eropa.

Untuk penentuan pemenang penghargaan Ballon d'Or semula dilakukan melalui pemungutan suara dari berbagai wartawan olahraga di penjuru Eropa.

Namun, setelah 2007, pelatih dan kapten tim nasional suatu negara juga diberikan hak untuk memilih pemenang Ballon d'Or.

Selanjutnya trofi. Bentuk trofi Ballon d'Or sangat berbeda dengan The Best FIFA. Trofi Ballon d'Or berbentuk bola emas dengan lapisan kristal didasarnya.

FIFA dan Ballon d'Or Pernah Bersatu

Terlepas dari perbedaan The Best FIFA dan Ballon d'Or , ternyata FIFA sempat bekerja sama dengan France Football untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku sepak bola terbaik bertajuk FIFA Ballon d'Or pada 2010.

Namun, kerja sama ini berakhir pada 2015. Sebagai gantinya, FIFA memperkenalkan The Best Fifa Football Awards karena nama Ballon d'Or digagas pertama kali oleh France Football.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/01/08/10000068/apa-bedanya-the-best-fifa-football-awards-dan-ballon-d-or-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke